Monday * July 24th 2017

PENDAFTARAN ONLINE

Berhubung Pendaftaran Online ini menggunakan fasilitas Google, maka lebih baik anda menggunakan email dari Gmail atau akun dari Google. Selama proses pengisian data, anda harus dalam keadaan signed-in ke email / akun Google yang anda miliki. Yang perlu anda lakukan, anda membuka browser, masuk ke email Gmail anda, lalu buka tab baru dan buka halaman ini. Selain itu, untuk menjamin semua tampilan pada layar seperti yang seharusnya, gunakan laptop atau komputer desktop. Tidak disarankan menggunakan smartphone atau tablet.

Ada beberapa tahap yang harus anda tempuh bila akan mendaftar ke STBA secara online. SEBAIKNYA anda baca dulu secara keseluruhan tahap-tahap di bawah ini, baru anda lakukan seperti yang diminta.

Tahap I :
Tahap ini terdiri dari :

  1. Pengisian Data Pribadi Calon Mahasiswa
  2. Pengisian Data Orang Tua Calon Mahasiswa
  3. Pengisian Data Asal SMA / SMK
  4. Pengisian Data Pilihan Program Akademik
  5. Pengisian Data Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pastikan anda teliti membaca segala sesuatunya dan memeriksa kembali sebelum anda mengklik NEXT atau SUBMIT di bagian akhir.
Untuk mulai mengisikan data pada tahap ini, silahkan klik tautan ini: MULAI.

Tahap II :

Setelah anda menyelesaikan Tahap I, tunggu informasi melalui SMS dari nomor 0878 2212 7474. SMS tersebut memberi konfirmasi bahwa anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu mengirimkan dokumen-dokumen syarat pendaftaran dalam bentuk hasil foto / scan berformat JPG.

Dokumen-dokumen tersebut terdiri dari :

  1. Ijasah SMU / SMK / Madrasah Aliyah
  2. Ijasah Sarmud / Diploma 3 (khusus bagi mereka yang melanjutkan dari D3 ke S1)
  3. SKHUN
  4. Surat Keterangan Sehat / Bebas Narkoba. Bisa diganti dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik yang dibuat di sekolah khusus bila anda lulus tahun 2017. Bila anda lulus sebelum tahun 2017, anda bisa membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kantor Polisi setempat

  5. KTP (hanya bagian yang ada datanya saja)
  6. Pas foto berwarna dengan warna latar merah
  7. Tandatangan dengan pulpen warna biru pada kertas berwarna putih
  8. Surat Pernyataan Kesediaan Menyumbang Dana Bantuan Pembangunan (formulirnya unduh di sini: UNDUH)
  9. Raport, halaman nilai dari semester I hingga akhir (khusus bagi yang ingin mendaftar tanpa ujian tulis karena rata-rata raport / rata-rata nilai pelajaran bahasa asingnya 8 atau lebih)

Untuk Tahap II, anda dapat mengirimkan semua dokumen tersebut melalui email ke alamat pendaftaran@stba.ac.id – Gunakan subject “Dokumen Pendaftaran”. Pada pesan email tuliskan nama dan nomor HP anda. Kiriman email anda akan dijawab oleh Admin sebagai konfirmasi penerimaan. Pastikan hasil scan jelas terbaca, berformat JPG, dan SETIAP FILE ukurannya tidak lebih dari 1 Mb.

Khusus untuk dokumen nomor 8, silahkan anda unduh dahulu formulirnya. Anda cetak, isi, dan beri materai. Lalu minta tandatangan orang tua / wali anda. Bagian “Nomor Seleksi” tidak usah diisi dulu. Berikutnya formulir yang telah terisi itu anda foto / scan, dan hasilnya dikirimkan bersama-sama dengan dokumen-dokumen lainnya.

Bila salah satu / beberapa dokumen belum ada, tidak apa-apa. Anda bisa menyusulkannya nanti. Anda sebutkan saja pada isi emailnya, dokumen apa yang belum bisa anda kirimkan.

Tahap III :

Bila anda telah selesai dengan Tahap II, anda kembali harus menunggu SMS dari 0878 2212 7474, berupa konfirmasi penerimaan kiriman dokumen-dokumen anda.  Beberapa saat kemudian, ada dua kemungkinan yang akan disampaikan kembali melalui SMS :

  1. Anda tidak perlu mengikuti ujian tulis. Ini bila nilai rata-rata raport anda adalah minimal 8 ke atas, atau nilai bahasa asing di Ijasah / SKHUN minimal 8 ke atas

  2. Anda harus mengikuti Ujian Tertulis (Ujian Saringan Masuk / USM) di kampus STBA. Khusus untuk pendaftaran online, ujian tersebut akan diadakan tanggal 21 Agustus 2017. Yang diujikan pada Ujian Tertulis adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum Non-Eksakta

Selain Ujian Tertulis, ada pula Ujian Lisan. Anda yang dinyatakan tidak perlu mengikuti Ujian Tertulis juga harus menjalani Ujian Lisan. Ujian Lisan ini juga akan diselenggarakan pada 21 Agustus 2017, setelah Ujian Tertulis. Materi Ujian Lisan adalah pengetahuan dasar dan apresiasi budaya dari bahasa jurusan yang dipilih.

Tahap IV :

Pengumuman tentang apakah anda berhasil diterima di STBA, akan dilakukan beberapa jam setelah pelaksanaan Ujian Tertulis dan Ujian Lisan pada 21 Agustus 2017.
Langkah berikutnya setelah anda dinyatakan diterima adalah membayar uang SPP ke rekening STBA di Bank Mandiri dengan nomor : 130.0086.000851.
Untuk membayar SPP anda bisa :

  1. Datang ke petugas pendaftaran untuk dibuatkan resi untuk mentransfer biaya SPP melalui teller Bank Mandiri.
  2. Mentransfer langsung melalui ATM ke nomor rekening tersebut. Bukti transfernya kemudian diberikan ke petugas pendaftaran.
  3. Mohon tidak melakukan transfer melalui aplikasi smartphone.

Segala sesuatu yang tidak jelas / bila ada yang ingin ditanyakan, bisa dilayangkan melalui SMS ke nomor 0878 2212 7474. Mohon tidak menelpon atau menghubungi melalui Whatsapp. SMS saja.

No Comments » Last modified on Jul 13th 2017

Comments are closed.