Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru 2013

regDari waktu ke waktu Admin memperoleh banyak permintaan informasi mengenai pendaftaran masuk ke STBA. Semua terpaksa tertunda jawabannya karena informasinya baru resmi keluar akhir bulan Februari / awal Maret ini. Seharusnya informasi ini keluar dalam bentuk brosur, namun brosur tersebut sedang dalam proses pencetakan. Oleh karena itu, admin menurunkan tulisan ini agar informasi pendaftaran tersebut dapat segera menyebar. Bagi mereka yang ingin segera mendaftar dapat segera melakukannya dari sekarang.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AJARAN 2013/2014

A. PENDAFTARAN : 01 Maret s.d. 6 September 2013
Dilakukan secara langsung di kampus STBA
Jl. Cihampelas 194 Bandung 40131, setiap hari kerja
(Senin – Jum’at), mulai pukul 08.00 – hingga 16.00.

B. UJIAN SARINGAN MASUK :

  • Gelombang I : Selasa, 4 Juni 2013
  • Gelombang II : Kamis, 11 Juli 2013
  • Gelombang III : Kamis, 15 Agustus 2013
  • Gelombang Khusus : Jumat, 4 September 2013

C. PENERIMAAN TANPA TEST :
Jika nilai raport rata-rata 7, atau nilai bahasa asing 7, atau rata-
rata nilai SKHUN 7, maka pendaftar diterima langsung tanpa USM.

D. PROGRAM YANG DIBUKA :
* PROGRAM S-1 :
    1. Program Studi Bahasa Inggris
2. Program Studi Bahasa Prancis
3. Program Studi Bahasa Jerman
4. Program Studi Bahasa Jepang

* PROGRAM D-3 :
    1. Program Studi Bahasa Inggris
2. Program Studi Bahasa Jepang

     * KELAS SORE :
S-1 BAHASA INGGRIS & JEPANG

E. SYARAT  PENDAFTARAN :

  1. Ijazah SMA, SMK, Madrasyah Aliyah yang telah dilegalisasi (rangkap 2)
  2. Ijazah Sarmud / Diploma 3 untuk mereka yang melanjutkan ke program S-1 (rangkap 2)
  3. Fotokopy SKHUN yang telah dilegalisasi (rangkap 2)
  4. Surat keterangan sehat bebas narkoba (rangkap 1)
  5. Pasfoto ukuran 3 x 4 (dua buah), 2 x 3 (enam buah) dengan warna dasar merah
  6. Biaya pendaftaran Rp 200.000,00,-

F. BIAYA PERKULIAHAN :

  1. Uang kuliah per tahun Rp 8.000.000,- sudah termasuk  biaya SKS, Lab.Komputer, biaya UTS & UAS dan sejumlah buku pegangan utama perkuliahan (terbitan STBA).
  2. Uang kuliah boleh dicicil, dibayar 2X dengan mengajukan permohonan dari orang tua atau wali untuk selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan membuat perjanjian dengan Pimpinan STBA.
  3. Tidak ada pungutan uang bangunan.

Ada informasi lain pada brosur yang kini sedang dicetak. Informasi tersebut antara lain mengenai fasilitas yang ada di kampus, informasi organisasi kemahasiswaan, dan program-program yang ada pada unit LP2KBA (Lembaga Pelatihan, Pelayanan, dan Kursus Bahasa Asing) di STBA. Untuk keperluan pendaftaran, informasi tersebut di atas kiranya sudah cukup jelas. Untuk informasi lebih lanjut para calon pendaftar dapat berkonsultasi melalui :

  • Email : info at stba.ac.id
  • FB : fb.com/stbayapariaba
  • Twitter: @stbaypiaba
  • SMS: 0878 2212 7474
  • Me-reply entri tulisan melalui form yang ada di bagian bawah ini

Demikian informasi ini agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

137 Replies to “Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru 2013”

  1. bgaimana kalo dulu pernah kuliah, tahun 2000 sampai semester 4, tp tdk dilanjut lg dan tdk mengajukan cuti. apakah bs melanjutkan kuliah dengan kelas karyawan? kalo bs bagaimana administrasinya

    1. sri: Kalau terlalu lama, itu nampaknya tidak bisa karena ada batasan dari nomor NPMnya. Kalau anda masuk lagi sebagai mahasiswa baru, barangkali bisa. Silahkan datang ke kampus dan temui ketua jurusan. Bisa dibicarakan kemungkinan-kemungkinannya.

    2. selamat malam admin…

      saya ada beberapa pertanyaan, mohon dijawab yaa

      1. untuk kls sore mulai dari jam berapa sampai jam berapa ya ? soalnya saya kerja sampai jam 4. dan hari apa saja ya min?

      2. untuk biaya pertahun apa sama saja dg kelas reguler ?

      terimakasih min…

  2. bagaimana kalau sudah lulus s1 tapi ingin kuliah d3 disini? apakah kelas karyawan itu setiap akhir pekan kuliahnya? atau hari biasa tapi sore? mohon dijawab.

    1. tia: untuk waktu kuliah kelas karyawan, sekarang ini dari hari Selasa hingga Jum’at, dari pukul 17.00 hingga 21.45. Untuk tahun ajaran baru semester ganjil 2013 semoga tidak berubah lagi.

  3. Min,aku kirim email dgn berjuta pertnyaan, mhon djawb y info slengkapnya. Aku btuh bnget,soalnya mau ke kampus lgsung gak sempet wae.

  4. Halo bang admin. Saya lulusan bahasa jerman sudah menempuh b1 di jerman Frankfurt.Saya punya sertifikat A.1 dan B1 becheinigung.Yang saya mau tanyakan. jika saya Daftar apakah harus USM atau tidak? terus Apakah ada Kelas Sore Bahasa jerman. Mohon di balas bang Admin. Danke schoen…

    1. Fajar Satriawan: Soal USM itu wajib untuk siapapun yang akan mendaftar kecuali bagi mereka yang nilai rata2 rapotnya 7 dan nilai bahasa asingnya rata2 7. Untuk kelas sore / kelas karyawan baru ada jurusan Inggris dan Jepang. Untuk jurusan lain bisa saja ada asal ada pendaftar minimal 10 orang.

  5. sore, saya berencana untuk mendaftar disana, namun baru bisa kesana setelah UN, yang mau saya tanyain,, ada kuota untuk penerimaan mahasiswa baru gak ?

    1. Eka Pusvitasari: untuk kuota untuk sementara belum diberlakukan di STBA. Jadi jangan khawatir, silahkan daftar asal pada masa2 pendaftaran :)

          1. mulai belajarnya bulan apa min…??
            kita belajarnya mulai dari awal atau kita harus udah punya basic…??

          2. Eka Pusvitasari: Mulai kuliah diperkirakan akhir bulan September. Belajar tentu dari awal. Kalau sudah punya ‘basic’ akan lebih baik lagi. Bukankah waktu di SMA sudah belajar bahasa asing juga ?

  6. sore,,,,
    mau tanya,bagaimana kalau langsung masuk s-1 dengan jurusan bahasa inggrisnya…
    dengan masuk kelas sore.

    apakah harus masuk d-3 dlu????
    trims infonya

    1. mia marliani: justru untuk kelas karyawan adanya baru S1 untuk jurusan Jepang dan Inggris. Jadi dari sejak masuk langsung S1.

    1. andi: Syaratnya sama saja dengan mahasiswa baru, tapi anda harus membawa kartu nilai dari PT lama anda yang dilegalisir.

    1. novia kusumah d: Untuk kelas karyawan, harus menyesuaikan diri dengan jam kuliah yang disediakan STBA yaitu mulai dari pukul 17.00 hingga 21.45

  7. mau nanya min ini tuh harus semuanya rata-rata 7 atau bsa salah satu

    Jika nilai raport rata-rata 7, atau nilai bahasa asing 7, atau rata-
    rata nilai SKHUN 7, maka pendaftar diterima langsung tanpa USM

  8. Selamat Pagi Bapak atau Ibu,
    Saya ingin menanyakan, apakah ada jurusan bahasa mandarin?
    Saya telah membaca di artikel di atas dan ternyata tidak ada jurusan bahasa mandarin, padahal berdasarkan informasi teman saya, dia mengambil jurusan D3 mandarin.
    Bisa minta penjelasannya?
    Terimakasih.

  9. siang admint,,
    mau nanya lagi donk,
    kalau untuk yang paket c gmna proses masuknya???
    terus untuk pendaftaran apa aja yang di lampirkan???
    kalau hasil paket c nilainya rata” 7 tetap bisa masuk tanpa test???
    mohon infonya,,,

    maaf banyak nanya
    jzk min..

    1. MIA MARLIANI: Untuk paket C harus ada surat rekomendasi dari sekolah bahwa anda memang mengambil paket C. Kalau nilai rata2 anda 7 tetap saja bisa tanpa tes.

  10. Min , aku mau tanya .. untuk pendaftaran ga ada pendaftaran online ? itu nilai rapotnya dilihat dari semester berapa ?

  11. Mau tanya,
    1. kalau lulusan tahun 2009 masih boleh daftar atau tidak?
    2. maksudnya nilai rata-rata rapot 7 itu minimal atau memang harus 7?
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Ahmad Saefulloh: 1) Lulusan 2009 masih bisa daftar 2) Nilai rata-rata 7 artinya nilai paling kecil adalah 7

  12. Selamat sore admin, mau nanya.
    1. Kalo pembayaran biaya kuliah bisa dicicil 2kali? Kalau dicicil 2kali, pembayarannya persemester ato bagaimana interval pembayaran antara pembayaran ke-1 dan ke-2?
    2. Trs gak ada dana pembangunan atau yg lain-lain?
    3. Utk biaya kelas karyawan dan reguler sama aja? atau utk karyawan ada biaya tambahan?
    3. Ketika pendaftaran, apakah harus membawa fotokopi raport? Atau hanya legalisir ijasah saja?

    1. Ian: Pembayaran pertama adalah 5 juta. Pembayaran berikutnya, sisanya, harus sudah dibayarkan bulan Desember 2013.

  13. Saya mau nanya, bisa gak kalo saya masuk tanpa test pake nilai rata2 8,5 bhs asingnya aja jadi gak pake nilai semua dirapot? :D

  14. Permisi, saya mau bertanya. Kira-kira, bisa tidak saya melihat apa apa saja yang dipelajari disetiap jurusan dimulai dari semester awal sampai terakhir?

    1. Ghrena: Bisa dibayangkan harus diketik semua mata kuliah itu untuk 4 jurusan di sini ? Informasi itu ada, tapi tidak akan ditayangkan online. Silahkan datang ke kampus. Anda bisa lihat buku panduan STBA pada formulir pendaftaran.

  15. misi min, mau tanya..

    kalo yang masuk tanpa USM itu bisa kapan saja, atau yang tanggal 4 september?

    terimakasih :)

    1. novi: Ya anda bisa ambil kelas reguler saja. Jangan ambil kelas karyawan. Kelas Reguler dan Kelas Karyawan sama saja. Hanya berbeda waktu pelaksanaan kuliahnya.

  16. punten,,admin mau tanya
    kalau dari lulusan d3 pariwisata mau daftar s1 bahasa jepang kelas karyawan bisa ga pake ijazah d3 nya aja?
    jadi yang ijazah sma g usah gtu,,mkasih sbelumnya..

    1. iYa: Sebelum kami jawab soal ijasah SMA,… anda mau meneruskan dari D3 ke S1 di STBA … atau mau mulai di STBA dari Semester I ? D3 pariwisata tentu jurusan yang berbeda dengan yang ada di STBA. Jelas akan ada sangat banyak mata kuliah yang harus anda tempuh mulai semester 1 di STBA karena matakuliah2 tersebut belum pernah anda tempuh. Kalau D3nya dari jurusan bahasa yang sama dgn yang ada di STBA baru itu relatif tidak bermasalah. Kalau jurusannya berbeda, pada umumnya yang bisa tidak anda tempuh lagi adalah matakuliah MKDU. Sedangkan matakuliah kebahasaan harus anda tempuh di STBA dari yang paling dasar.

  17. mau nanya lagi ya..
    begini saya pernah kuliah S1, tapi mau kuliah lagi S1 bahasa inggris yang kelas karyawan,…apakah saya bisa tidak mengikuti beberapa matakuliah yang sama dengan di transkrip yang dulu, jadi hanya mengikuti mata kuliah bahasanya saja? trims

    1. neny: Bisa saja, tapi utk itu transkrip mata kuliah yang pernah anda tempuh dahulu harus diperlihatkan kepada kami. Transkrip tersebut harus dilegalisir. Nanti akan dipertimbangkan oleh ketua jurusan, apakah matakuliah2 yg telah anda tempuh itu ada yang equivalen di STBA. Bila ada dan telah dipertimbangkan oleh Ketua Jurusan, anda bisa tidak menempuhnya lagi.

  18. mau tanya kl d stba ada prog. pertukaran pelajar k luar negri? prog.beasiswa? dan apa stba merekomendasikan mahasiswa yg sdh wisuda utk bekerja di bursa kerja? makasih banyak

    1. geovani permanik: Pertukaran pelajar ke luar negeri belum ada. Beasiswa ada, tapi anda harus sudah jadi mahasiswa dulu. Sekurangnya sudah ada di semester III. Penyaluran di bursa kerja ada tapi terkait dengan adanya permintaan dari perusahaan-perusahaan ke STBA.

  19. min, ada batasan buat pendaftar dg tahun lulus tertentu? misalnya kalo lulusan thun 2008 udah ga boleh ..

  20. mau tanya kalo , nilai skolah, nilain SKHUN, nilai bahasa semua di atas 7 , jadi tidak perlu USM ya ??

    1. dessy: Yang dilihat adalah nilai raport. Silahkan bawa raportnya ke STBA dan tunjukkan ke petugas pendaftaran.

  21. siang,saya mau nanya klau saya sudah ke jepang 3 tahun sebagai keshusei , trus pingin ambil kuliah D3,persyaratanya apa ya?apakah di sini di buka program axelerasai ?
    terima kasih…

    1. sury: Sama saja. Tidak ada perbedaan meski anda sudah pernah ke Jepang. Perkuliahan di STBA sifatnya akademis, bukan praktis. Jadi harus mengikuti persyaratan yang ada. Anda harus ikut mendaftar dan memenuhi peryaratan seperti calon mahasiswa lainnya.

    1. dennis: Anda yang harus mengatur waktunya. Barangkali bisa di shift juga antara kelas karyawan dan kelas reguler, tapi harus ada perjanjian dulu dengan dosennya.

  22. mau tanya, lulusan s1 bahasa jepang bisa jadi guru bahasa jepang ga? trs nantinya bakal disalurin atau engga? trims

    1. Novi: Jadi guru bahasa Jepang bisa sekali. Apalagi sekarang utk menjadi guru tidak harus melalui jalur pendidikan khusus guru. Mengenai penyaluran, belum ada mekanisme itu. Tapi kalau anda berminat jadi guru, selama anda kuliah di STBA harus rajin melihat peluang2 yang ada.

  23. kalau nilai rapot kita udah fix semuanya 7 itu diumumkan langsung pas pendaftaran atau bareng sama yang ikut USM?

  24. Untuk Kakak admin saya mau bertanya nih..
    kan saya mau daftar jurusan S-1 bahasa inggris ,
    dan dalam persyaratanya kan disuruh bawa Fotocopy Ijazah dan SKHUN , tapi kalau belum keluar dari sekolahnya gimana?
    bisa disusul?

    lalu yang mengenai nilai rapot itu fotocopy rapotnya dibawa atau minta surat rekomendasi dari sekolah?

    Terimakasih

  25. rata-rata bisa menyelesaikan perkuliahan hingga lulus untuk S1 dan D3 itu berapa lama? dan apakah bisa dipercepat seperti misalnya mengambil mata kuliah sem 2 di sem 1 agar bisa lebih cepat lulus?

  26. selamat malam, kakak admin.

    saya ingin melanjutkan kuliah S1 di STBA, apakah saya bisa mengajukan beasiswa?
    bisa dari awal masuk kuliah gak?
    terima kasih.

  27. Selamat siang, saya ingin bertanya, apa ada program beasiswa untuk masuk STBA? saya memiliki nilai raport dan SKHUN rata2 7+ dan nilai bahasa inggris saya cukup bagus. dan saya berminat untuk melanjutkan ke jurusan sastra inggris.
    tolong di jawab. terimakasih sebelumnya :)

    1. Ada pertanyaan lagi, apakah STBA memiliki kerja sama dengan beberapa instansi negri atau swasta untuk melanjutkan lulusan STBA bekerja? lalu apa saja peluang kerja lulusan dari sastra inggris?

  28. pagi miin mau nanya tentang USM itu bagaimana lihat dulu nilai raport semua?sama bahasa nya?bahasa inggris saja atau kl ada sama jepang bisa?terus pas daftar USM syarat nya sama min?

  29. selamat malam admin

    saya pelajar dari luar bandung, saya ingin mengajukan menjadi mahasiswa STBA tanpa USM bagaimana caranya ?
    thanks

  30. maaf min mau nanya , kalo ikutan jalur PENERIMAAN TANPA TEST syaratnya cuma raport doang?atau gimana?jelasin dong miiin

  31. admin maaf mau tanya ,
    kalo Uang tahun pertama itu harus dibayar full langsung 8 juta atau bisa di angsur 2x??
    kalo bisa apa syaratnya ?
    makasih

    1. Cinthia: bisa diangsur 2 kali. Angsuran pertama 5 juta dan sisanya 3 juta dibayarkan bulan Desember 2013.

    1. fitri: prospek kerja lulusan bahasa bisa di mana-mana: guru bahasa, pramuwisata, di manajemen / administrasi perkantoran, dan sebagainya.

  32. klw nilai dr rata2 7 itu kan sya dr swasta ada rapot negri sma skolah, rapot mana yg d ajukan?
    trus klw tes apa saja yg d tes kan ujian msuk STBA?

    1. ilham: Yang jelas raport setingkat SMU dari kelas 1 hingga kelas 3. Yang diujikan, pengetahuan umum dan bahasa Inggris.

    1. ilham: jam kuliah untuk semua jurusan / program sama. Untuk kelas reguler dari pukul 07.00 – 16.20. Untuk kelas karyawan dari pukul 17.00 – 21.45.

  33. sya dari SMK ap sya bisa msuk tnpa tes dgn nilai rta2 diatas 7, klo mslah bahsa asing ,,, di SMK sya hnya ad bhsa inggris… jd gmna??? ap sma sja dngn yang di SMA?

  34. min, pertanyaanku sama kayak fahmi riza, mengenai bahasa selain inggris, apa harus memiliki dasar dulu?
    kalo rata-rata rapor di atas 7 apa benar dijamin masuk tanpa USM?
    rata-rata nilai raporku di atas 7, terus nilai bahasa inggrisku paling kecil 85 di semester 1, 5 semester lagi 9. apa aku udah aman tanpa USM?

    1. Ratu Regina: Kalau memiliki dasar dulu lebih baik, tapi kalau tidak, tenang saja karena akan dimulai dari dasar. Iya benar nilai rata2 raport lebih dari 7 bisa tanpa tes. Silahkan datang ke kampus STBA dan hubungi petugas pendaftaran.

  35. min mau tanya. ini tes usmnya kapan ya ? trus batas akhir daftr langsung di sana tanpa tesnya sampe kapan ?
    terimakasih

  36. Halo admin,

    Mau nanya apakah tanggal pengumuman penerimaan sudah ditetapkan? Saya berasumsi pengumuman setelah akhir USM sekitar September? Dan bagaimana dengan pengumuman penerimaan tanpa tes? Karena sewaktu berkas saya dicek oleh bagian penerimaan di kampus STBA ibu yg bertugas bilang kalau saya langsung diterima, hanya ingin konfirmasi aja min :)

    Thanks a lot before!
    Regards,

  37. @Farhan,saya juga begitu kak terus dikasih surat pemberitahuan untuk membayar uang kuliah ya?itu artinya sudah diterima?

  38. Yang masuk tanpa test itu kan rata-rata nilainya 7, itu rata-rata semua pelajaran atau bahasa asing saja?

    1. Azahra IF: 7 itu untuk tahun lalu. Untuk tahun sekarang nilainya 8. Bisa salah satunya, bisa rata2 semua mata pelajaran atau nilai bahasa asingnya saja juga boleh.

  39. selamat siang,
    saya lilik , mau tanya untuk biaya kuliah di stiba jurusan sastra inggris .apa harganya masih sama seperti yang di atas ?

    1. LilikAshari: Biayanya untuk tahun 2015 ini sesuai dengan brosur tahun 2015. Jangan merujuk ke informasi di tahun yang berbeda.

  40. Selamat siang admin,,
    Saya mau kuliah di fakultas Jepang ,, 2tahun yang lalu saya mempunyai sertifikat (nihonggonoruokushiken) N3 dari Jepang,, Apakah bisa melanjutkan di Universitas ini ??

    1. Dian: Bisa. Tapi sertifikat tersebut tidak menjadi syarat. Anda tetap harus kuliah dari semester awal di STBA

    1. romi: tidak bisa. Maaf bidang studinya berbeda. Kalau anda ingin kuliah di STBA, harus dimulai dari semester I. Dari D3 bisa dilanjutkan di STBA kalau bidang studi D3nya adalah salah satu kebahasaan yang ada di STBA.

  41. mau tanya sya lulusan taun 2014 kalo kuliah di stba bsa lewat jalur bidikmisi ngga?? trs pendaftaran nya kapan dan klo bsa pke jalur bidikmisi persyaratannya apa saja??

    1. lira: Lewat Bidikmisi bisa, tapi hanya untuk jurusan bahasa Jepang program D-3. Persyaratannya sama saja dengan yang lain.

  42. Min, kalo misalnya saya sblmnya sdh mengambil s1 b.jerma,tinggal skripsi ingin pindah ke stba, persyaratannya bgmn, apakah harus ikut tes juga..? Terima kasih sblmnya

    1. Liya fitriyah: Tidak tapi anda harus membayar biaya transfer matakuliah, dan matakuliah2nya akan diperiksa apakah ada yang equivalen dgn yang ada di STBA. Apakah ada yang harus diambil lagi atau tidak. Penentuannya dilakukan oleh ketua jurusan di STBA. Untuk lebih jelasnya silahkan anda SMS ke 087822127474.

  43. Saya mau tanya, kalau yg sudah tamat 3 tahun .. mau kuliah d STBA skrg bisa nggk ya mas??.. apakah persyaratan ny sama saja jika bisa dn kuliah sore d mulai dr pukul brpa ya mas..
    Terima kasih sebelumny..

    1. desi: Maksudnya sudah tamat D3 ? Bisa saja melanjutkan kuliah di STBA. Persyaratannya sama saja ditambah daftar nilai yang dilegalisir dari perguruan tinggi sebelumnya. Untuk kuliah sore, kuliahnya mulai dari hari Senin sampai Jum’at dari pukul 17.00 s/d 21.30.

    1. desi: Yang diteskan adalah: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pariwisata, dan pengetahuan umum non-eksakta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.