Tuesday * January 23rd 2018

Penerimaan Mahasiswa Baru 2015

info-vertWaktu berjalan begitu cepat. Tidak terasa sudah saatnya lagi akan dibuka pendaftaran mahasiswa baru STBA. Admin sudah banyak menerima permintaan informasi dari SMS, Email, BBM, dan Twitter yang menanyakan hal ini. Ada cukup banyak yang mengira bahwa pendaftaran mahasiswa baru dibuka bulan Februari dan informasi tersebut berasal dari website ini. Setelah admin telusuri, ternyata itu adalah informasi dari brosur tahun 2014 (menyebut bulan Februari). Brosur untuk tahun 2015, beserta bahan-bahan publikasi lainnya, sedang dalam proses penggarapan / pencetakan. Pada saatnya nanti brosur tahun 2015 juga akan tersedia dalam bentuk file di website ini.

Agar informasi yang benar segera dapat diperoleh, baiklah berikut ini admin sampaikan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru 2015 :

  1. Biaya: untuk SPP kelas reguler, 9.5 juta per tahun. Untuk kelas karyawan 10 juta per tahun. Ini dibayarkan per tahun (dua semester sekaligus). Ketika mendaftar nanti ada juga biaya untuk formulir, buku profil STBA, dan biaya tes sebesar 500 ribu. Bila sudah dinyatakan diterima, ada biaya untuk OSMA (Orientasi Mahasiswa) sebesar 450 ribu.
  2. Syarat-syarat: fotokopi ijasah SMA yang dilegalisir rangkap 2, fotokopi SKHUN yang dilegalisir rangkap 2, surat keterangan bebas narkoba, pas foto 3×4 dua buah & 2×3 enam buah dengan warna dasar merah. Bila ada syarat yang belum bisa langsung diserahkan pada saat daftar, bisa disusulkan kemudian. Bila ijasah belum dikeluarkan sekolah, bisa digunakan surat keterangan lulus sementara.
  3. Selain melalui ujian saringan masuk (USM), STBA juga memberikan kesempatan bagi para pendaftar untuk bisa langsung diterima (tanpa tes). Syaratnya adalah nilai rata-rata raport dari semester I hingga akhir minimal 8, atau nilai bahasa asing pada ijasah minimal 8.
  4. Kelas Karyawan: adalah kelas yang diperuntukkan khusus bagi mereka yang bekerja atau tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di pagi / siang hari. Untuk saat ini kelas karyawan baru ada untuk jurusan bahasa Inggris dan Jepang program S1 saja. Untuk jurusan lain, akan dibuka bila jumlah peminat sekurangnya ada untuk satu kelas.
    Perkuliahan kelas karyawan dimulai pada hari Selasa hingga Jum’at setiap pukul 17.00 – 21.30.

Demikian sekilas informasi tentang penerimaan mahasiswa baru STBA untuk tahun 2015. Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan layangkan email ke info at stba.ac.id, SMS ke 0878 2212 7474 (Sekali lagi: SMS saja), atau mention ke akun Twitter STBA @stbaypiaba.

189 Comments »Kelembagaan

189 Responses to “Penerimaan Mahasiswa Baru 2015”

  1. iaiya says:

    kak, kalo pendaftaran tanpa test, itu caranya gimana? ada formulir khusus kah?

    • puskomstba says:

      iaiya: dengan cara melihat nilai raport. Kalau rata2 dari semester I hingga akhir minimal 8, atau nilai bahasa asingnya konsisten minimal 8, maka bisa diterima tanpa tes.

  2. kris says:

    untuk kelas karyawan, apa tetap harus melalui ujian saringan masuk?

  3. hindam says:

    jadwal nya kapan? jalur masuknya bagaimana?

    • puskomstba says:

      hindam: Jadwal apa maksudnya ? Masuknya bisa dengan ujian saringan masuk, bisa pula dengan tanpa ujian saringan masuk kalau memenuhi syarat.

  4. derosa says:

    Maaf mau tanya ,ada maksimal tahun kelulusan ?klo thn 2013 ap masih bisa dan status menikah ?mksh

  5. dina vegayanti says:

    sy mau nanya, untuk lulusan sma thn 2015 bisa mulai daftar dari tgl brp? trus utk penerimaan tanpa tes itu nilai rata2 8 di raport itu utk semua pelajaran atau nilai bahasa asing nya saja? krn kl nunggu ijazah kan msh lama, baru juga selesai un. Total biaya itu 10,45jt, apa ada biaya lainnya selain itu?
    terima kasih sebelumnya`

    • puskomstba says:

      dina vagayanti: bisa kapan saja, hingga 20 Agustus 2015. Nilai rata2 raport bisa, nilai bahasa asing saja bisa. Kalau ijasah belum ada, itu bisa disusulkan nanti. Biaya selain itu tidak ada lagi.

  6. Aqmarina Idzni says:

    Saya mau tanya, daftarnya itu langsung ke kampusnya? Tidak online?
    Trus yg nilai rata2 bahasa asing kalo misalnya cuma b.jepang yg rata2 8 sedangkan yg lain dibawah 8, apa itu harus ikut tes tulis? Terimakasih sebelumnya:)

    • puskomstba says:

      Aqmarina Idzni: Iya daftar langsung ke kampus STBA. Di website ini di bagian download ada form pendaftaran yang bisa diunduh. Cetak dan isi sendiri. Nanti ketika datang ke STBA itu dibawa dengan syarat-syarat lainnya. Kalau rata2 anda yang 8 adalah bahasa Jepang, tetap bisa diterima tanpa tes untuk ke jurusan Bahasa Jepang di STBA.

  7. meilan irene says:

    pendaftarannya dibuka samppai kapan?

  8. febri says:

    daftarnya bisa online atau harus langsung ke kampus?
    terus kalo yang pake rapot dikasihinnya fotokopinya aja? harus dilegalisir atau tidak?

  9. Abel says:

    Min untuk penerimaan tanpa tes itu nilai bahasa asingnya dilihat per semester atau yang tertera di ijazah?

  10. reza aditya says:

    maaf kak nanya lagi, soalnya saya anak smk pengen banget masuk stba buat mempelajari jurusan bahasa inggris apakah bisa ?

  11. Ayu puspita sari says:

    Hallo kak, gimana ya cara ekstensi dari d3 ke s1 di stba yapari ini? Pengen lanjutin s1 lagi. Di buka nya kapan kak?

    • puskomstba says:

      Ayu puspita sari: Sekarang sudah dibuka. Syarat dan biayanya sama dengan mahasiswa baru. Kami tunggu di bagian pendaftaran di STBA.

  12. Ellina Nadi says:

    maf saya mau tanya, apakah yg bukan karyawan bisa mengikuti kelas karyawan? Saya lulus tahun ini, rata” nilai b.jepang saya 92, apakah bisa masuk tanpa tes?

    • puskomstba says:

      Ellina Nadi: Bisa saja. Kalau nilai anda seperti itu dari semester I hingga akhir, bisa. Untuk pastinya, silahkan anda datang ke bagian pendaftaran mahasiswa baru di kampus STBA.

  13. salwa salsabilla says:

    Saya kan sudah diterima menjadi mahasiswa stba dan diharuskan registrasi atau daftar ulang pada tanggal 10 juni, kalau saya terlambat melakukan registrasi bagaimana?

    • puskomstba says:

      salwa salsabilla: Kalau terlambat, tidak apa-apa. Lebih baik disegerakan karena kalau nanti kuotanya penuh akan didahulukan bagi mereka yang sudah mendaftar ulang.

  14. Ka, kalo untuk jalur yg tanpa tes, apakah tetap harus bayar yg 500rb ? Dan untuk yg jalur tanpa tes ada batas kuotanya engga?

    • puskomstba says:

      Gemby Sportian: Tetap harus bayar 500 ribu karena biaya itu bukan hanya untuk tes masuk tapi juga untuk rangkaian proses pendaftaran yang lain. Untuk yang tanpa tes, sekarang ini belum ditentukan kuotanya.

  15. hans says:

    Mau tanya, kalau punya uangnya kurang dan gak cukup bgmn caranya kuliah di stba? Apa bisa beasiswa atau keringanan biaya?

    Trmksh.
    Wassalam

    • puskomstba says:

      hans: beasiswa ada, tapi baru ditawarkan di semester III dan harus memenuhi syarat2 yang telah ditetapkan.

      • kris says:

        untuk syarat2 mendapatkan beasiswa di sem III apa saja ya

        • puskomstba says:

          kris: Tergantung apa dulu beasiswanya. Setiap beasiswa memiliki syarat yang berbeda2. Tapi pada umumnya adalah berprestasi secara akademik, dapat membuktikan kurang mampu secara finansial, dan aktif dalam kegiatan berorganisasi di kampus.

          • kriss says:

            kalau ingin tau lebih lengkap untuk syarat2 beasiswa harus tanya kemana ya

          • puskomstba says:

            kriss: Silahkan SMS ke 0878 2212 7474. Atau sebutkan emailnya, nanti akan kami kirimkan brosur terbaru.

  16. ayu says:

    Klo syarat tanpa tes Minimal rata2 nilai 8 berarti kalo ada yg nilainya 7 tapi klo dijumlah rata2nya 8 apa masih bisa daftar tanpa tes?

    • puskomstba says:

      ayu: kalau tidak lihat langsung raportnya sulit untuk disebutkan di sini, lebih baik anda datang langsung ke STBA dan menunjukkan raport anda ke petugas pendaftaran, … nanti anda akan diberitahu soal itu.

  17. Yuliasih says:

    kalo untuk lulusan 2014, bsa ga kalo lewat jalur tanpa test..

  18. bahrul says:

    maaf mau tanya, kalo nilai rata rata b.inggris semester 1 sampai semester 6 diatas 80 bisa ikut daftar tanpa tes ?

    terimakasih

    • puskomstba says:

      bahrul: bisa.

      • bahrul says:

        jadi,ketika melakukan pendaftaran syarat-syaratnya juga dilengkapi dengan fotocopy raport yang sudah dilegalisir?,kemudian apakah biaya pendaftaran harus ditransfer atau langsung melakukan pembayaran ketika daftar? terimakasih

        • puskomstba says:

          bahrul: Iya betul. Biaya pendaftaran lebih baik anda bawa ketika anda datang ke kampus ketika menyerahkan berkas-berkas.

  19. Oki Tanudireja says:

    Maaf mau tanya.

    1. Untuk penerimaan tanpa tes, nilai terbaik bahasa asing yg bisa menjadi referensi, apakah harus dari raport saja atau bisa dari hasil UN atau keduanya?

    2. Jikalau melampirkan raport yang asli (belum dilegalisir), nilai rata2 dari smt 1 – smt akhir masih bisa menjadi referensi untuk masuk tanpa tes?

    3. Perihal surat keterangan bebas narkoba, apakah bisa memakai surat keluaran dari sekolah asal?

    • puskomstba says:

      Oki Tanudireja:
      1. bisa salah satu dari itu semua
      2. bisa, tapi raportnya harus dilegalisir dulu
      3. bisa, dengan syarat anda lulus tahun ini (2015).

  20. Anggi says:

    Untuk yang melalui tes. apa saja di uji kan?

  21. Aqmarina Idzni says:

    penerimaan tanpa tes berlaku untuk semua gelombang? kalau gelombang 3 juga bisa?

  22. olin says:

    uhm malam.

    saya mau bertanya untuk daftar tanpa test. rata2 rapor b.ingg semester 1 sd 3 nilainya 7.3 – 7.5 dan semester brikutnya baru nilai diatas 8 dan rata2 nilai rapot sluruh matpel diatas 8 kecuali fisika dibawah 8. tapi saya mau ambil jepangD3. apa masih bisa lulus daftar tanpa test?

    terima kasih

    • puskomstba says:

      olin: Silahkan datang saja langsung ke bagian pendaftaran. Biar petugasnya di sana yang memutuskan. Kami hanya memberi informasi saja.

  23. ima says:

    Ass. Mau tanya kalo biaya spp itu kan pertahun 9,5jt buat yg reguler, nah di bayarnya tu kapan? Perbulan apa langsung pertahun?
    Mksh.

    • puskomstba says:

      ima: dibayarnya nanti ketika anda sudah dinyatakan diterima di STBA. Bayarnya per tahun.

      • siti rochmah says:

        klo kelas karyawan biaya per tahunnya bisa di cicil?

        terimakasih

        • puskomstba says:

          siti rochmah: Bisa. Nanti anda setelah dinyatakan diterima sebelum membayar SPP harus menghadap pembantu ketua II dulu untuk membicarakan rencana penyicilan uang SPP anda.

  24. Muhammad Rizky Putra H says:

    Permisi, klo ijazah dan SKHUN yg dilegalisir bisa disusul atau tidak ya?

  25. Bagas says:

    mau tanya Bulan ini masih bisa daftar tanpa test atau tidak?

  26. Camellia says:

    Kak saya pernah dengar bahwa penerimaan mahasiswa baru juga diadakan kembali saat semester dua, jadi masuk-masuk langsung semester dua dan dia harus kejar materi sem satu sendiri. benarkah itu? mohon penjelasannya :)

  27. Ainun says:

    Mau tanyaa. Terakhir pendaftaran sampai tanggal berapa ya? Dan syarat yg tanpa tes, kalau lihat nilai yg dari raport saja, apa bisa??? Terimakasih..

  28. Yudi says:

    Permisi pak, saya kan dari jawa timur
    Untuk datang ke universitasnya jauh. Lalu saya ingin ikut d3 jepang tanpa tes,saya juga ga ada sanak saudara disana
    itu gimana solusinya pak?
    Terima kasih, mohon di jawab ya pak/bu

    • puskomstba says:

      Yudi: Bisa kirim dokumennya ke kami, tapi untuk itu anda harus konformasi dulu dengan petugas pendaftaran. Silahkan telpon dulu ke 022-2035426 pesawat 207 dengan Ibu Ida. Silahkan telpon antara jam 09.00 – 15.00 hari ini. Jam 12 siang istirahat dulu sampai jam 13.00.

  29. Hanna Khusnul K says:

    apakah ada biaya untuk pendaftaran?

  30. gita says:

    admin, biaya per tahun kan 9,5juta, itu untuk 2 semester kan?
    klo ikut jalur tanpa test (misal jalur raport ) berarti gausah bayar biaya yg 500rb (biaya test ) ?

    • puskomstba says:

      gita: 9,5 juta itu untuk 2 semester. Kalau diterima tanpa tes, tetap bayar biaya yang 500 ribu karena biaya itu bukan hanya untuk ujian saringan masuk, tapi untuk seluruh proses penerimaan anda.

      • gita says:

        klo ikut jalur tanpa test, berarti skrg masuk gelombang III ?
        terakhir pendaftaran jalur tanpa test gelombang III kapan ?
        dan pengumuman jalur tanpa test gelombang III kapan ?

        • puskomstba says:

          gita: Iya gelombang III. Terakhir pendaftaran 20 Agustus 2015. Pengumuman yang tanpa tes langsung di tempat ketika daftar. Berkasnya diperiksa dulu oleh petugas pendaftaran.

  31. azizah says:

    kak, pendaftaran hari minggu bisa ngga?
    adik saya juga rencana daftar tapi diwakilkan dia tidak bisa ikut bisa kan? terima kasih

    • puskomstba says:

      azizah: Minggu tentu saja tutup. Sabtu juga tutup. Diwakilkan bisa, tapi nanti ada berkas2 yang perlu ditandatangani. Untuk detilnya silahkan anda telpon dulu dengan petugas pendaftaran di 022-2035426 pesawat 207 dengan Ibu Ida.

  32. ayaco says:

    kak admin mau tanya, saya kepingin banget sekolah di yapari tetapi ortu saya nanyain ke saya terus akreditasi di tiap jurusan kak .. mohon jawabannya ya kak terimakasih :)

  33. puskomstba says:

    ayaco: Semua C, kecuali Jepang D3 yang B. Bulan September ini jurusan Inggris akan memproses kenaikannya. Tahun 2016 nanti giliran jurusan Jepang.

  34. dini silviani says:

    kalo mau daftar, berkas berkas persyaratannya langsung diserahin ke kampusnya atau gimna?

    • puskomstba says:

      dini silviani: Iya, langsung dibawa dan diserahkan ke bagian pendaftaran di kampus STBA. Silahkan datang.

  35. Tamara says:

    Untuk lulusan paket c, jika nilai SKHUN B.Ing 9, apa bisa daftar S1 jepang tanpa tes?

  36. Anggi says:

    Mau tanya, waktu bulan juni saya sudah daftar tanpa tes dan diterima. tapi syarat belum lengkap. Masih tunggu ijazah. apa itu masih dinyatakan sudah diterima?

    • puskomstba says:

      Anggi: Iya sudah diterima. Kalau syarat2nya belum lengkap, silahkan dilengkapi. Apakah anda sudah wawancara ? Semua yang daftar ke STBA diterima langsung tanpa tes atau dengan tes harus wawancara dulu. STBA baru buka lagi 22 Juli 2015.

  37. ratna says:

    Dear Admin,

    Maaf mau nanya, adik saya pada bulan Mei ’15 kemarin sudah diterima tanpa dan diwawancara di STBA, tinggal membawa berkas-berkas buat kelengkapan saja. Apakah adik saya masih harus mengisi form lainnya sebelum masa perkuliahan dimulai?
    Batas terakhir registrasi buat mahasiswa baru tanggal berapa ya? Karena kami berasal dari Jambi, agak sulit untuk beberapa kali datang lansung ke kampus.
    Thanks

    • puskomstba says:

      ratna: Apakah anda sudah mengisi form seperti yang ada pada bagian download website ini ? Kalau sudah, berarti adik anda tinggal mendaftar OSMA nanti antara tanggal 24 – 28 Agustus. Batas terakhir registrasi untuk mahasiswa baru adalah sebelum pelaksanaan OSMA. OSMA akan diselenggarakan tanggal 31 Agustus – 3 September 2015. Untuk respon cepat, silahkan anda SMS ke 087822127474. Kalau lewat web barangkali agak lama menjawabnya.

  38. Anika says:

    Maaf, Pendaftarannya sampe tanggal berapa dan apa bisa pendaftarannya online ? atau langsung datang ke STBA ?
    Harap dijawab ya :)
    Terima kasih

    • puskomstba says:

      Anika: Pendaftaran sampai dengan 20 Agustus 2015. Pendaftaran dilakukan dengan datang ke kampus STBA bagian pendaftaran, langsung ke kampus STBA. Untuk respon yang lebih cepat, silahkan anda SMS ke 087822127474. Kalau anda bertanya via web barangkali jawabannya tidak segera.

  39. Doni says:

    Untuk jalur tanpa tes , apakah bisa menggunakan skhun? kebetulan di sekolah saya ijazahnya baru bisa keluar bulan agustus.

  40. Reski Nathan says:

    Kalo jalur tanpa tes bisa pake skhun gak kak?

    • puskomstba says:

      Reski Nathan: Bisa. Kalau ada pertanyaan lagi bisa SMS ke 087822127474 supaya jawabannya bisa lebih cepat. Kalau anda bertanya via web barangkali jawabannya tidak bisa segera.

  41. yamzah says:

    Untuk pendaftaran , apakah langsung dilakukan di tempat atau bisa secara online? terima kasih.

  42. Nisa says:

    Mau tanya dong. Di syarat pmb tanpa tes dijelaskan bahwa nilai rata-rata raport dari semester I hingga akhir minimal 8, itu maksud nya utk seluruh mata pelajaran saja atau hanya nilai bahasa asing nya seperti bahasa inggris atau bahasa jepang? lalu ada juga, nilai bahasa asing pada ijasah minimal 8. Kalau tidak 8 tapi nilai raport nya rata2 8, masih bisa diterima tanpa tes???
    Lalu kalau kita belum mendapatkan Ijazah dan SKHUN asli, bisa mendafar atau tidak??
    Makasih atas jawaban nya ya kak :)

    • puskomstba says:

      Nisa: Bisa semua pelajaran, bisa juga nilai bahasa asingnya saja. Maksudnya, agar dapat diterima tanpa tes, anda bisa menggunakan SALAH SATU di antara 3 dokumen yang anda miliki, yaitu raport, ijasah, atau SKHUN. Mana saja di antara ketiganya kalau nilai bahasa asingnya 8, bisa diterima tanpa tes.
      Kalau Ijasah dan SKHUN belum ada, bisa mendaftar dulu dengan menunjukkan raport yang sudah dilegalisir dan surat keterangan lulus dari sekolah.

  43. aswin says:

    Permisi min
    Penerimaan mahasiswa stba buat jalur tanpa tes itu ga dibatasin kan kuotanya?

  44. Ainun says:

    miinn, kalo daftar tapi gabawa surat keterangan bebas narkoba bisa nggak min?? kebetulan saya lagi di Bandung dan sekalian ingin daftar, namun saya belum buat surat keterangan bebas narkoba nya…

  45. Assya says:

    Mau tanya.. Klo buat tes wawancaranya,itu wawancara apa?apakah bahasa inggris atau yg lain ?

    • puskomstba says:

      Assya: Wawancara bukan tes. Wawancara hanya ingin mengetahui motivasi anda masuk STBA + jurusan yang dipilih dan hal-hal lainnya seputar penguasaan bahasa yang anda pilih. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia.

  46. aviv says:

    Permisi min mau nanya
    Misalkan kita daftar lewat jalur tanpa test terus membayar biaya pendaftaran tetapi tidak diterima! Dan akan mengikuti jalur test, apa kita harus membayar uang pendaftaran lagi?

  47. dibuka sampe kapan ini?

  48. saskia says:

    min kalo misalkan nilai inggris di ijazahnya 8 harus ikut tes atau bisa langsung diterima???

  49. Yohana Yayuk says:

    Min mau tanya, kalau yg dari luar pulau bgaimana?

    • puskomstba says:

      Yohana Yayuk: Kalau dari luar pulau ya tetap harus datang ke kampus STBA. STBA tidak mengadakan perkuliahan / pendaftaran jarak jauh.

  50. Agnie says:

    Kak mau tanya itu kan uang buat smester 1 dan 2nya 9.5jt terus buat semester 3 dan 4nya dan seterusnya juga sama 9.5 juta?

  51. Deny says:

    biaya persemesternya brapa Juta Kak???

    • puskomstba says:

      Deny: Biaya SPP bukan per semester tapi per tahun. Untuk tahun ini per tahunnya 9,5 juta untuk kelas reguler. Untuk kelas karyawan 10 juta.

      • Deny says:

        ok, cara bayarnya kalau udah naik semester yh Kak??

        • puskomstba says:

          Deny: Bayar apa ? Kalau SPP untuk mahasiswa baru ya dibayar ketika sudah dinyatakan diterima. Jadi di awal yang dibayar: biaya pendaftaran, biaya OSMA, dan biaya SPP.

  52. Syifa says:

    Untuk pendaftaran tanpa tes kan bisa menggunakan raport? Nah, raportnya harus raport asli (tanpa legalisir) atau photocopy-an raport yang sudah dilegalisir atau raport asli yang sudah dilegalisir?

    • Syifa says:

      *tambahan pertanyaan :
      – kalau misalnya saya daftar tgl 8 agustus (lewat jalur raport, tanpa tes) dan saya dinyatakan lulus saat itu juga. Apakah saya harus daftar ulang dan membayar 10,45 juta pada hari itu juga? Atau bagaimana?
      – Mengenai surat bebas narkoba, itu bisa didapatkan darimana?

      terimakasih

      • puskomstba says:

        Syifa:
        – ada tenggang waktu untuk membayar SPP.
        – bisa didapat dari rumah sakit atau kepolisian. Kalau anda lulus tahun 2015, bisa gunakan surat kelakuan baik dari sekolah.

    • puskomstba says:

      Syifa: Fotokopi raport yang sudah dilegalisir.

  53. Martha T.S says:

    Kak,misal ada nilai b.jerman rata” semester 1-6 8,1 tpi nilai b.inggrisnya rta” semester 1-6 7,9 ,itu bsa kak masuk jalur tanpa tes?

  54. marsha mayang aqsha says:

    Min kalau nilai rata2 ujian sekolah di atas 8, tp kalau nilai rata2 ujian nasionalny dibawah 8, itu masih bisa ikut yang tanpa tes? rtus saya lulus tahun 2014 itu bisa menggunakan SKKB dari sekolah atau buat lagi yang dari kepolisian?
    terima kasih..

    • puskomstba says:

      marsha mayang aqsha: Bisa. Yang dimaksud di atas 8 itu bisa dari raport, SKHUN, atau Ijasah. Bisa salah satu dari itu yang dijadikan rujukan. Soal SKKB (atau surat keterangan bebas narkoba), kalau anda lulus tahun lalu, anda harus buat lagi, karena surat itu ada masa berlakunya.

  55. Irwansyah says:

    saya rencana mau daftar kesini.
    apa masih dibuka jalur tanpa tes ? dan jalur tanpa tes itu via online atau langsung ke kampus
    kalo misalkan kita dinyatakan lulus, apa uang 9,5 +950 rbu itu langsung dibayarkan lunas. atau bisa dibayarkan / dilunasi setelah masuk kuliah ?

    • puskomstba says:

      Irwansyah: Masih dibuka sampai 20 Agustus 2015. Untuk daftar, harus datang langsung ke kampus. SPP dibayarkan setelah anda dinyatakan diterima. Ketika kuliah nanti semua mahasiswa harus sudah membayar uang kuliah. Bisa dicicil.

      • Irwansyah says:

        Jadi ketika dinyatakan diterima bisa bayar uang DP SPP itu. baru setelah mulai kuliah SPPnya dilunasi ?

        • puskomstba says:

          Irwansyah: Membayar SPP tidak dengan DP. Kalau mau membayar lunas silahkan, lebih baik. Kalau mau mencicil, anda nanti harus menghadap pembantu ketua II STBA dulu. Akan dibicarakan berapa cicilannya dan berapa kali.

  56. Ety says:

    Ass, kak saya dari makassar pengen daftar kuliah gelombang ketiga ddi kampus ini, nilai rata2 raport saya dri smster 1 sampai 6 mncapai 8 keatas, apakah saya bisa mmpunyai peluang untuk msuk ke STBA yapari tanpa tes? Mohon infonya kak, makasih:)

  57. Ety says:

    Saya pengen banget buat kuliah di STBA Yapari Aba Bandung kak, mohon infonya kak

  58. roihan firdaus says:

    maaf, mau tanya, pendaftaran ditutup pada tanggal 20 agustus, jam berapa?

  59. Meilani says:

    bagi yg ingin melanjutkan dari D3 ke S1 apakah bisa masuk tana tes?

    • puskomstba says:

      Meilani: harus dengan tes dan menyerahkan syarat2 seperti mahasiswa baru + daftar nilai dari sekolah sebelumnya.

  60. zee says:

    saya mau tnyua ,klo lulusan ijasah paket c apakh dtrma d stba ?

  61. rizky says:

    Min info klo mahasiswa pindahan itu pendaftarannya gimana apa harus ikut tes atau gimana ?

    • puskomstba says:

      rizky: iya ikut tes. Juga akan dilihat kartu nilai / capaian nilai yang telah diperoleh di sekolah yang lama. Syarat utamanya adalah, bidang studinya harus sama dengan bahasa yang ada di STBA.

  62. Putri Amelia says:

    Maaf mau tnya, apa skrng msij bsa masuk? Soalnya saya mau pindah ksni, sblumny saya d kbidnan

    • puskomstba says:

      Putri Amelia: kalau anda sebelumnya di Kebidanan, anda tidak bisa melanjutkan studi anda ke STBA karena bidangnya lain. Kalau anda mau kuliah di STBA, bisa, tapi harus dari semester pertama seperti mahasiswa baru lainnya.

  63. Karina Turi says:

    ka, kalo nilai bahasa asingnya itu cuma ada di kelas 3 doang gimana ya? atau pake sertifikat les?

    • puskomstba says:

      Karina Turi: Bahasa asing kan termasuk bahasa Inggris juga. Bahasa Inggris kan diberikan di sepanjang semester ?

  64. kusno says:

    selamat malam.

    Kalau mau tanya mengeni stba yapari emailnya ke mana

  65. rinifitriani says:

    Selamat siang,
    Kakak admin saya mau bertanya, untuk pendaftaran tahun 2016 kira-kira dibuka kapan ya?
    Saya sudah kuliah D3 bahasa jepang, ingin lanjut ekstensi di STBA, kalau saya boleh tau akreditasi untuk jurusan bahasa jepangnya apa ya?
    tahun depan kalau tidak ada halangan saya dan 4 teman saya berniat untuk mendaftar d STBA :))
    sekian, terimakasih :))

    • puskomstba says:

      rinifitriani: untuk tahun 2016, sekarang sudah dibuka. Akreditasi jurusan bahasa Jepang D3 adalah B, sedangkan S1 C. Untuk S1, akhir bulan Maret 2016 ini akan diajukan peningkatannya ke Dikti.

  66. Dhiah MeyLiana says:

    min kalau misalkan pada kls 1 aja bljr b.perancis dan nilai raport rata2 selalu 8 lebih apa bisa masuk jalur tanpa tes? saya kebetulan dri sma dan dpt peminatan bahasa perancis hanya saat kls 1 SMA.

  67. septiar k. says:

    K apa untuk tahun ajaran 2016/ 2017 jalur tanpa tes masih berlaku dengan nilai rata” 8?
    Saya lulusan 2015 dan saya cuma punya rapor semester 1-5 karna sekolah saya memang tidak mewajibkan adanya rapor semester 6 apw boleh hanya menyertakan 5 semester saja?

    • puskomstba says:

      septiar k. : Iya nilai rata2 8 itu masih diberlakukan di tahun 2016. Kalau rapor nya adanya hanya itu ya silahkan saja dibawa.

  68. m.danil salaswandi says:

    Sy lulusan D.3 Bhs Inggris STIBA Mataram, apakah bisa melanjutkan ke S.1 mulai smst genap?

    • puskomstba says:

      m.danil salaswandi: Mulainya di semester ganjil. Kami menerima mahasiswa baru hanya di semester ganjil.

  69. Ayu syifa pujia says:

    assalamualaikum, izin bertanyaa. saya sekarang bekerja tetapi insyaallah ingin kuliah jurusan sastra arab tahun depan. di STBA ada jurusan nya gak ya?
    jika ada, apakah ada kelas karyawan?
    terimakasihh

  70. puskomstba says:

    Anastasya: Sekarang sudah dibuka.

  71. puskomstba says:

    Arief: sekarang sudah dibuka

  72. puskomstba says:

    silvia: sekarang sudah dibuka.

  73. puskomstba says:

    hendriyani: Anda kuliah di mana ? Di STBA atau di luar STBA ? Untuk detilnya anda bisa kontak kami melalui email.

  74. puskomstba says:

    Ofi siti nur khofifah: Tentu ada bahasa Inggris kan ? Bahasa Inggris adalah mata pelajaran umum di SMU. Jadi nilai bahasa Inggris itu saja yang digunakan. Utk 2016 sudah dibuka sekarang dan akan ditutup 23 Agustus 2016.

  75. puskomstba says:

    Ofi siti nur khofifah: Tentu ada bahasa Inggris kan ? Bahasa Inggris adalah mata pelajaran umum di SMU. Jadi nilai bahasa Inggris itu saja yang digunakan. Utk 2016 sudah dibuka sekarang dan akan ditutup 23 Agustus 2016.

  76. Ros says:

    Saya berusia 28, ingin masuk STBA dan mengambi jurusan bhs jepang. Apa masih bisa?

  77. sabda says:

    kalo pake nilai UN gabisa ya? yg tanpa tes

    • puskomstba says:

      sabda: Untuk tanpa tes, bisa menggunakan nilai di Ijasah, SKHUN, atau nilai raport. Kalau rata-ratanya 8 atau nilai bahasa asingnya 8 atau lebih bisa diterima tanpa tes.

  78. dewie says:

    Sekarang umur saya udah 32 tahun, sy lulus sma angkatan 2003. Apakah masih bisa mengikuti kuliah kelas karyawan? Maksimal umur yang diperb olehkan umur brp? Syarat2 nya apa saja ?

  79. dewie says:

    Biaya nya bisa dicicil ? Mohon dikirimkan rincian biaya terbarunya, jadi total yang harus dibayar dari awal pendaftaran hingga satu semester ber rapa ?

    • puskomstba says:

      dewie: bisa dicicil. Utk kelas reguler per tahun 10 juta. Utk kelas karyawan 10,5 juta. Biaya pendaftaran 500 ribu dan biaya OSMA 500 ribu. Ini biaya untuk dua semester / 1 tahun sekaligus.

  80. Selamat siang..saya mau tanya.kalau UAS dprogram Strata Inggris perSKS berapa ya???terima kasih

  81. Alma says:

    Min kalo bisa ngga nerima pindahan dr univ swasta lain?

  82. jenny says:

    maaf saya mau nanya apakah di sekolah tinggi ini ada jurusan sastra bahasa jepang??

  83. Amalia says:

    Sastra prancis buka kelas karyawan tidak untuk tahun 2017?

  84. robi efendi says:

    Saya mau tanya. Saya lulusan D3 bahasa inggris tahun 2007. Mau melanjutkan S1 nya jurusan bahasa jepang kelas karyawan. Bisa gak?

    • puskomstba says:

      robi efendi : Bisa, tapi karena bidang studinya beda, anda tidak bisa langsung melanjutkan. Anda harus mulai dari semester I. Matakuliah MKDU bisa tidak ditempuh lagi kalau sama.

  85. Nafakh al haq says:

    Maaf min, yang jurusan bahasa Jepang di sini menerima sertifikat JITCO gk yah? Yg dalam artian pabila mempunyai sertifikat ini bisa melanjutkan D3 atau S1 bhsa Jepang tpi hanya beberapa SKS saja, tidak sepenuhnya SKS di ikuti..

  86. Annisa Octaviani says:

    Min, kalo pendaftaran lulusan 2018 kapan dibuka nya ya?

Leave a Reply