Thursday * March 30th 2017

LPJM

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPJM)

Lembaga Penjaminan Mutu (LPjM) STBA Yapari-ABA dibentuk sebagai upaya STBA dalam meningkatkan mutu secara berkelanjutan. LPjM adalah lembaga fungsional yang dibentuk Ketua dan diberi tugas untuk mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di tingkat STBA Yapari-ABA. Sistem Penjaminan Mutu adalah seluruh kegiatan terencana dan sistematis yang dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Manajemen Mutu untuk menyakinkan bahwa suatu produk (hasil) akan memenuhi persyaratan tertentu. Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah sistem pengelolaan yang dirancang untuk dapat menjamin mutu layanan dan hasil pendidikan tinggi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

LPjM sebagai perangkat penjaminan mutu STBA mengembangkan SPMI yang mengintegrasikan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPMPT), peraturan-peraturan pemerintah RI, persayaratan BAN-PT dan Standar yang ditetapkan PT (Sekolah). Hal ini ditujukan untuk memenuhi Penjaminan Mutu di lingkungan STBA agar menghasilkan pelayanan yang bermutu danmeningkatkan kinerja STBA. Perbaikan mutu di STBA perlu dilakkukan dalam ranngka manajemen mutu, baik atas inisiatif sendiri dan atau melibatkan pihak eksternal. Pendekatan penjaminan mutu tersebut penting agar STBA dapat mengelola sumber daya secara optimal untuk menjamin mutu layanan akademik bagi mahasiswa dan menjamin akuntabilitas STBA terhadap stakeholders.

Deskripsi  Tugas Pokok dan Fungsi LPjM STBA adalah sebagai berikut:

  1. LPjM STBA mengemban  tugas secara umum untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menganalisis sistem penjaminan mutu/kualitas STBA.
  2. Menghimpun, mempelajari dan mengarsipkan ketentuan/peraturan tentang system dan model pengembangan mutu yang dikeluarkan oleh Pemerintah/Ristek DIKTI sebagai pedoman dan dari perguruan tinggi lain untuk studi banding dan kerja sama serta benchmarking bagi pengembangan jaminan mutu di STBA.
  3. Mennganalisis dan mengevaluasi secara berkesinambungan seluruh dokumen/ketentuan yang dijadikan pedoman STBA dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai perguruan tinggi seperti: STATUTA, Rencana Strategis (Renstra) Jangka Panjang dan Rencana Kerja Tahunan.
  4. Mengkoordinasi, memfasilitasi dan mengadministrasi serta mengembangkan pedoman Standar Operasional dan Prosedur (SOP) penjaminan mutu di bidang akademis, SDM, sarana dan prasarana serta system kelola STBA.
  5. Membantu proses akreditasi jurusan/prodi di lingkungan STBA dengan menyediakan dokumen pendukung dan data yang diperlukan.
  6. Melaksanakan audit terhadap impelementasi atau pelaksanaan fungsi dan tugas setiap unit berdasarkan SOP unit tersebut dan menyampaikan rekomendasi, saran dan koreksi melalui pimpinan.
  7. Pelaksanaan tugas dan kegiatan dalam mengelola kemdali mutu oleh LPjM dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan disesuaikan dengan kemampuan sumber daya STBA dengan memprioritaskan penngembangan mutu akademik (kurikulum, silabus, bahan ajar, media dan sarana pembelajaran, dosen, mahasiswa, evaluasi dan mutu  lulusan).
  8. Di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, LPjM bertanggung jawab kepada pimpinan dengan cara menyampaikan laporan kegiatan secara periodik. Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bidang Penjaminan Mutu Akademik LPjM di bawah koordinasi Pembantu Ketua I STBA Yapari-ABA, sedangkan untuk bidang Penngembangan Mutu SDM, tenaga administrasi, sarana dan prasarana serta tata pamongn/system LPjM di bawah koordinasi Puket II.

Organisasi penjaminan mutu STBA bersifat inheren dalam manajemen sekolah tinggi. Di antaranya dibentuk Lembaga Penjaminan Mutu (LPjM) yang merupakan alat manajemen sekolah tinggi yang bertanggung jawab kepada Ketua STBA. LPjM STBA YAPARI-ABA merupakan satu unit kerja di bawah Pembantu Ketua yang pelaksanaannya tugasnya berkoordinasi dengan Pembantu Ketua I dan II.  Organisasi penjaminan mutu STBA YAPARI-ABA terdiri atas :

A.     TINGKAT SEKOLAH TINGGI

Organisasi penjaminan mutu tingkat sekolah tinggi melibatkan Senat STBA YAPARI-ABA Bandung, dan Pimpinan Sekolah Tinggi yang terdiri atas Pembantu Ketua I, II, dan III. Tugas Senat, dan Pimpinan STBA berkaitan dengan penjaminan mutu adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun kebijakan akademik sekolah tinggi,
  2. Menyusun kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian masyarakat akademik,
  3. Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan sekolah tinggi,
  4. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebabasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan,
  5. Memberikan masukan pada pimpinan unit kerja dalam menyusun Rencana Strategis dan Rencana Operasional,
  6. Melakukan pengawasan mutu akademik dalam penyelenggaraan sekolah tinggi,
  7. Merumuskan tata tertib kehidupan kampus yang edukatif, ilmiah, dan religius.

Senat melaksanakan tugas-tugas di atas dengan menyusun berbagai kebijakan yang berkaitan dengan aspek mutu. Kebijakan mutu inilah yang kemudian dijadikan landasan oleh Ketua melalui LPjM dalam melakukan kegiatan penjaminan mutu. Dalam melaksanakan  penjaminan mutu, Ketua membentuk Satuan Penjaminan Mutu (LPjM) dan mengangkat personalianya. Lingkup penjaminan mutu yang dikoordinasikan dan atau difasilitasi oleh LPjM mencakup:

  1. Mengembangkan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu STBA YAPARI-ABA,
  2. Menyusun perangkat atau standar yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan  sistem penjaminan mutu STBA YAPARI-ABA,
  3. Menyelenggarakan sosialisasi, pelatihan, dan kerjasama penjaminan mutu,
  4. Mengkoordinasikan, memfasiliatsi, dan memotivasi kegiatan penjaminan mutu pada setiap unit kerja di lingkungan STBA,
  5. Melakukan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu STBA,
  6. Melaporkan secara berkala pelaksanaan penjaminan mutu STBA untuk setiap periode tertentu.

Audit mutu STBA atau audit mutu unit kerja di lingkungan STBA untuk setiap periode mutu diselenggarakan oleh LPjM atas persetujuan pimpinan (Ketua, Puket I, II, dan III). LPjM bertanggungjawab atas terselenggaranya audit mutu yang difokuskan pada audit pelaksanaan sistem penjaminan mutu dan audit tingkat ketercapaian standar atau sasaran mutu STBA dan atau unit kerja di lingkungan STBA. Dalam penyelengaraan audit mutu ini bekerjasama dengan Puket I dan II.

Organisasi penjaminan mutu STBA YAPARI-ABA dapat digambarkan sebagai berikut :orglpjmB. TINGKAT UNIT KERJA

Penjaminan mutu setiap unit kerja (Unit Pelaksana Akademik, Unit Pelaksana Administrasi, dan Unit Penunjang) di lingkungan STBA diselenggarakan oleh pimpinan unit kerja masing-masing. Penyelenggaraan penjaminan mutu di setiap unit kerja mengacu pada sistem penjaminan mutu dan perangkat implementasi sistem penjaminanmutu STBA. Pimpinan unit kerja melaksanakan dan bertanggung jawab atas butir-butir mutu yang telah ditetapkan. Setiap unit dipimpin oleh pimpinan unit  yang bertugas :

  1. Menyusun standar mutu unit kerja dan standar mutu setiap kegiatan pada unit kerja yang bersangkutan.
  2. Menyusun prosedur operasional standar (standard operational procedure) setiap kegiatan yang diselengarakan,
  3. Melaksanakan kegiatannya sesuai dengan prosedur operasional standar kegiatan itu,
  4. Melaksanakan evaluasi atau pengukuran mutu yang dicapai unit kerja dan melakukan tindakan perbaikan mutu berkelanjutan (continuous quality improvement), dan
  5. Melaporkan secara berkala pelaksanaan penjaminan mutu unit kerja untuk setiap periode mutu.

orgsatkenmut
Ketua LPjM         : Dr. H. Moh. Dzuliman, M.Pd.
Sekretaris  LPjM Bidang Pengembangan  Sistem dan SDM: Dra. Adiarti Budi Kartini, S.S.

No Comments » Last modified on Sep 30th 2016

Comments are closed.