Pelatihan SISTER oleh Kepala Pustik STBA

Pemerintah melalui Kementrian Ristekdikti telah menetapkan bahwa SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) adalah sebuah aplikasi yang harus ada di setiap perguruan tinggi di Indonesia yang dimanfaatkan untuk keperluan pendataan dan fasilitasi berbagai pelayanan kepada individu dosen terkait karirnya. Dalam hal ini Pusat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Pustik) di STBA telah dapat merealisasikan berfungsinya aplikasi tersebut, yang diatur berfungsi secara internal di kampus STBA dan kemudian disinkronisasikan setiap periode waktu tertentu ke server yang ada di Ristekdikti, Jakarta.

Untuk mensosialisasikan pemanfaatannya, Pustik telah menyelenggarakan pelatihan pengoperasian aplikasi tersebut untuk sebagian dosen pada Kamis, 25 April 2019 lalu di ruang rapat STBA. Menurut Kepala Pustik, Bapak Drs. Tomi T. Prakoso, S.Sos., M.Si. seharusnya pelatihan tersebut diikuti sekaligus oleh semua dosen. Namun, pada pelaksanaannya kemarin sebagian dosen tidak dapat mengikutinya karena sedang mengajar di kelas. Direncanakan akan ada pelatihan tahap II bagi dosen-dosen yang belum mengikutinya.

Yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Pak Tomi sebagai kepala Pustik. Kegiatan ini tidak hanya berupa ceramah dan presentasi, tapi justru lebih banyak berupa praktik langsung. Oleh karena itu semua dosen peserta membawa laptop. Pelatihan ini adalah sosialisasi tentang bagaimana masuk ke aplikasi dan mengisi semua form yang ada. Selanjutnya, dosen masing-masing yang harus mengisinya sendiri, demikian pungkas Pak Tomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.