Monday * September 25th 2017

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2016 Dibuka !

Mengawali bulan Maret 2016, yang sudah banyak ditanyakan melalui SMS maupun email akhirnya terjawab, yaitu tentang pendaftaran mahasiswa baru. Hari ini, Selasa 08 Maret 2016, para calon pendaftar sudah dapat mulai datang ke kampus STBA bagian pendaftaran dengan membawa kelengkapan yang dipersyaratkan. Untuk melengkapi proses ini, juga telah diterbitkan brosur resmi STBA 2016 yang dapat menjadi panduan pendaftaran serta memberi gambaran tentang STBA secara ringkas.

brosur stba 2 web

Brosur di atas dalam bentuk  resolusi  tinggi dapat diunduh pada tautan Brosur STBA 2016.

Untuk diketahui proses pendaftaran ini akan berakhir tanggal 23 Agustus. Bila ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait dengan proses pendaftaran mahasiswa baru ini dapat disampaikan melalui SMS ke 0878 2212 7474. Nomor tersebut hanya menerima SMS saja, tidak untuk ditelpon.

130 Comments »Kelembagaan

130 Responses to “Pendaftaran Mahasiswa Baru 2016 Dibuka !”

  1. Hery says:

    Kalo masuk tanpa test persyaratannya bagaimana?
    Untuk jurusan bahasa jepang

    • puskomstba says:

      Hery: Untuk tanpa tes, bisa menggunakan nilai di Ijasah, SKHUN, atau nilai raport. Kalau rata-ratanya 8 atau nilai bahasa asingnya 8 atau lebih bisa diterima tanpa tes.

  2. Kim says:

    Maaf, untuk detail formulir pendaftaran dapat dilihat dan disubmit dimana?

    • puskomstba says:

      Kim : Formulir pendaftaran tidak tersedia online. Anda harus datang ke kampus STBA untuk mendapatkannya.

  3. DERLI OMEGA SOMBU says:

    saya ingin mendaftar menjadi mahasiswa di kampus ini,,,
    saya ingin tahu kapan jadwal ujian saringan masuk akan dilaksanakan…trimakasih

  4. Rizka says:

    Saya ingin mendaftar, apa masih dibuka pendaftarannya? Cara mendaftarnya saya harus ke kampusnya langung? Trims.

    • puskomstba says:

      Rizka: Pendaftaran masih dibuka sampai 23 Agustus 2016. Iya, cara mendaftarnya adalah dengan datang langsung ke kampus STBA bagian pendaftaran.

  5. regina says:

    Untuk pmb tanpa tes sampai tanggal berapa yah?

  6. petrik says:

    Mau tanya,untuk pendaftaran dan tes masuk harus datang jam berapa?

  7. lystia says:

    kalo untuk info osma nya gimana ya?pendaftarannya tanggal berapa?

    • puskomstba says:

      lystia: Apakah anda sudah diterima menjadi mahasiswa STBA ? Kalau sudah sebenarnya ketika daftar anda sudah diberi informasi tentang semuanya. Ada kalender akademik yang bisa anda cermati. Pendaftaran OSMA nanti dimulai 22 Agustus 2016. Informasi lebih lanjut nanti akan diberitahukan melalui SMS atau surat.

  8. Lily says:

    Bisa tolong di info biaya kuliah dan jadwal kuliah nya untuk bahasa inggris nggak ?
    trus klo yang bahasa inggris ada di kampus aba yang dimana ?

    • puskomstba says:

      Lily: Utk thn 2016 ini, biaya sbb: spp per tahun 10 juta utk kls reguler dan 10,5 utk kls karyawan, formulir & proses pendaftaran 500rb, lalu OSMA 350rb. Utk biaya di semester pertama itu saja. Jadwal kuliah baru nanti awal September keluarnya. STBA hanya punya satu kampus, yaitu di Jl. Cihampelas 194 Bandung.

  9. Fajar says:

    Untuk masuk tanpa ujian itu pendaftarannya bisa kapan saja? Dan yang dilihatnya itu nilai rapot sama skhun saja? Terimakasih

  10. Dinda says:

    Untuk pendaftaran USM datang ke kampus langsung ya? Ujian tulis saja atau ada wawancara juga?

    • puskomstba says:

      Dinda: Iya datang langsung ke kampus STBA bagian pendaftaran setiap hari kerja / hari Senin – Jum’at. Selain ujian tulis juga ada wawancara nanti. WAwancaranya dilakukan dalam bahasa Indonesia.

  11. Reyhan says:

    kalau Ijazah & SKHUN nya belum turun, pake apa buat lengkapin persyaratannya?

    • puskomstba says:

      Reyhan: Bisa gunakan raport dulu dan surat keterangan lulus sementara. Kalau ada syarat2 yang belum ada, bisa disusulkan kemudian.

  12. Tia amalia says:

    Kalau yang tanpa tes itu kan di liat dari nilai rapot, nah nilai rapotnya itu rata-rata dari semester 1 sampai akhir atau hanya rata-rata nilai rapot semester akhir saja?

    • puskomstba says:

      Tia amalia: dari awal sampai akhir semester. Kalau tidak menggunakan raport bisa juga dengan melihat nilai bahasa asing di SKHUN atau Ijasah.

  13. Gilang says:

    untuk jalur tanpa tes batas waktunya hingga kapan? dan apakah bisa diikuti oleh lulusan 2015?
    apa saja persyaratan lengkap u/ jalur penerimaan tanpa tes?

    • puskomstba says:

      Gilang: Waktunya sampai 23 Agustus 2016. Masih bisa diikuti oleh angkatan 2015. Syaratnya sama saja dengan yang tes, tapi untuk tanpa tes nilai rata2 ijasah / skhun harus minimal 8. Atau nilai bahasa asingnya minimal 8.

  14. Aditya says:

    Saya mau masuk jurusan bahasa jepang, untuk bisa masuk tanpa tes nilai bahasa asing harus 8 atau lebih kan, nah nilai bahasa asing yang di maksud ini harus sesuai jurusan atau tidak soalnya di sekolah saya tidak ada pelajaran bahasa jepang

  15. prayoga says:

    saya mau pake nilai UN ttapi nilai tidak mencukupi dan saya akan mengikuti ujian perbaikan. Apakah masih bisa di tunggu
    ? terimakasih

  16. puskomstba says:

    Didin: Kelas karyawan ada, tapi bukan sabtu minggu. Kelas karyawan kuliahnya dari Selasa hingga Jum’at dari pukul 17.00 hingga 21.30.

  17. Vira says:

    Apa di STBA di prioritaskan untuk menerima yg sudah mahir berbahasa?

  18. Achmad says:

    mas kalo untuk kelas karyawan harus menggunakan SKBN jga? syarat nya apa aja

  19. Adhytia Mahendra says:

    Ujian masuk tanpa test bagaimana alurnya? saya ambil formulir ke tempatnya atau gmn?

    • puskomstba says:

      Adhytia Mahendra : Utk masuk STBA tanpa tes, harus menunjukkan SKHUN, Ijasah, atau raport. Kalau rata2 minimal 8, atau nilai bahasa asing 8 atau lebih, bisa diterima tanpa tes. Tetap harus membeli formulir. Caranya adalah dengan datang ke kampus STBA bagian pendaftaran.

  20. petrik says:

    Untuk daftar apakah msh bisa pada hari sabtu?

  21. ani says:

    saya mendaftar dengan jalur tanpa tes, jika saya pakai nilai ijazah saja boleh atau tidak?

  22. Rima Kharisma says:

    Ka bagaimana kalau nilai rata-rata rapot dan SKHUN sudah diatas 8 tetapi nilai UN nya bhsa inggris dan indonesia dibawah 8?

  23. Monik says:

    Kalau persyaratan nya dikirim lewat pos bisa gak? Atau wajib ke kampus sana?

    • puskomstba says:

      Monik : Lebih baik datang langsung ke kampus STBA langsung ke bagian pendaftaran. Kalau mau lewat pos bisa, tapi harus koordinasi dulu dengan petugas pendaftarannya. Silahkan telpon ke 022-2035426 pesawat 322 dengan Ibu Ida.

  24. windy says:

    ka mau tanya kalo tes wawancara itu kira2 apa saja yang dipertanyakan saat tes wawancara tersebut?

    • puskomstba says:

      windy : Wawancara itu menanyakan sejauh mana pengetahuan anda tentang jurusan bahasa yang dipilih. Wawancara dilakukan dalam bahasa Indonesia.

      • windy says:

        ka kalo saya daftar tanggal 15 agustus bisa atau tidak? dan pengumuman diterima atau tidaknya kapan?

        • puskomstba says:

          Windy : Bisa. Pengumumannya 2 atau 3 hari setelah anda ikut ujian tulis.

          • windy says:

            kalo saya memiliki nilai rata2 rapor diatas 8 maka saya tidak mengikuti tes tulis tetapi hanya mengikuti tes wawancara maka pengumuman diterima atau tidaknya kapan?

          • puskomstba says:

            windy : Bisa hari itu juga. Hari ketika wawancara dilaksanakan.

  25. Tia says:

    Mau tanya, di sini ada semester pendek-nya tidak?

    • puskomstba says:

      Tia : Tentu ada. Tapi pengertian semester pendek adalah untuk mereka yang sudah kuliah di STBA dan nilai ujiannya kurang memuaskan. Semester pendek adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk memperbaiki nilainya.

  26. Hery says:

    pembukaan pendaftaran osma kan dibuka tgl 22 agustus, nah sy wkt selesai menyelesaikan registrasi hrs datang tgl 20, apakah sy harus datang tgl 20 atau 22?
    dan kalau wkt pendaftaran osma harus pakai putih hitam atau pakaian bebas rapih?

    • puskomstba says:

      Hery: lebih baik tgl 22 saja. Hari Sabtu di STBA libur / tutup. Waktu pendaftaran OSMA, pakaiannya bebas rapih.

  27. riska says:

    ka apakah untuk pembayaran kuliahnya bisa diangsur? terimakasih

    • puskomstba says:

      riska: bisa.

      • riska says:

        sistem pembayarannya bagaimana untuk yg diangsur?
        pendaftarannya sampai kpan?

        • puskomstba says:

          riska: Untuk mengangsur, nanti kalau sudah dinyatakan diterima, anda harus menghadap pembantu ketua II untuk membuat surat perjanjian pembayaran. Termasuk nanti bisa ditanyakan di sana pengangsurannya berapa dan bagaimana. Tidak bisa disebutkan di sini karena nanti tergantung hasil pembicaraan. Pendaftaran secara resmi sudah ditutup 23 Agustus kemarin. Tapi diperpanjang hingga 25 – 26 Agustus. Silahkan segera mendaftar dan jangan ditunda2.

  28. rachel says:

    pengembalian formulir pendaftaran kapan?saat OSMA atau sebelum?

  29. Ricky Raditya says:

    apakah harus datang ke stba untuk pendaftaran osma atau cukup mengunduh saja file2 yg ada di web stba ? mohon infonya thx

    • puskomstba says:

      Ricky Raditya : Datang ke STBA membawa biaya OSMA yang 500 rb dan bukti pembayaran SPP. Pakaian yang dikenakan bisa bebas rapih.

  30. Tia amalia says:

    Ospeknya kapan ya?
    Thx

  31. Dika Tri says:

    sampai tanggal berapa pen daftaran nya ?

    • puskomstba says:

      Dika Tri: Secara resmi sampai tanggal 23 Agustus. Tapi diperpanjang sampai 26 Agustus, yaitu hari ini. Setelah tanggal 26 ini masih bisa daftar sampai 02 September, tapi anda tidak bisa ikut OSMA sekarang. Bisa ikut OSMA tahun depan. Silahkan disegerakan saja.

  32. Bella safira says:

    Apa masih ada pembukaan pendaftaran? Terimakasih

    • puskomstba says:

      Bella safira: Sebenarnya sudah ditutup tgl 26 Agustus. Tapi karena masih ada yang belum menyelesaikan administrasi, masih dibuka sampai tanggal 02 September. Kalau anda daftar sekarang bisa, dan kalau bisa diterima … anda ikut OSMAnya tahun depan, karena sekarang pendaftaran OSMA sudah ditutup.

  33. Reni says:

    Apa masih buka pendaftaran sekarang? Terimakasih

  34. Gilang says:

    Mau nanya untuk study bahasa jepang kelas karyawan.
    Pendaftarannya gimana ya?

    • puskomstba says:

      Gilang: mendaftarnya langsung datang ke kampus STBA bagian pendaftaran. Tapi maaf, sekarang sudah tutup. Kuliah sudah berjalan 3 minggu. Silahkan mendaftar tahun depan.

  35. joko says:

    Batas usia untuk kuliah ?

  36. Nutri says:

    Kalau saya mau daftar untuk tahun depan masih bisa g yak?

  37. sandi says:

    Mohon informasi terkait Carier Development Center STBA apakah sudah ada?
    kalau ada kami harus menghubungi bagian apa? kami akan menginformasikan lowongan kerja bagi alumni STBA

    • puskomstba says:

      sandi : Carrier Dev Center belum ada. Silahkan dikirimkan melalui email ke info at stba dot ac dot id. Nanti akan disampaikan ke bagian yang mengelola peluang kerja bagi alumni.

  38. putri ks says:

    Kapan pembukaan pendaftaran 2017 ?

  39. Annisa mn says:

    Di brosur tertulis ada tes potensi akademik lisan itu maksudnya kaya gimana ya ka?

    • puskomstba says:

      Annisa mn : jadi itu pada saat wawancara, nanti wawancara dalam bahasa Indonesia tapi yang ditanyakan adalah sejauh mana pengetahuannya tentang jurusan yang dipilih.

  40. Annisa mn says:

    untuk jalur tanpa tes (dilihat dari rata rata rapor) apakah masih bisa diikuti oleh lulusan tahun 2014? Terimakasih.

  41. Sani says:

    Apakah persyaratannya masih sama, untuk pendaftaran tahun depan?

  42. Annisa says:

    Untuk jalur pendaftaran tanpa tes bahasa jepang kan harus melampirkan raport dari smt 1-6, saya mulai belajar bhs jepang dari smt 3/ kls 11, masih bisa ikut pendaftaran jalur tanpa tes

    • puskomstba says:

      Annisa : bisa. Yang dilihat adalah nilai secara keseluruhan atau nilai bahasa asingnya. Kalau Jepangnya hanya beberapa semester, bisa digunakan nilai bahasa Inggris

  43. Pitriani says:

    kl lulusan sklh paket C bisa diterima ?

  44. Anggi Siska says:

    Untuk biaya kuliah tahun 2017 masih sama gak seperti taun kemarin,? Persemester apa pertaun?

    • puskomstba says:

      Anggi Siska : Biaya sama dengan tahun kemarin, hanya untuk tahun sekarang ada biaya sumbangan pembangunan sebesar 1 juta (minimal) atau kelipatannya. Untuk SPP, dibayar per tahun.

  45. santy says:

    tdk ada pendaftaran online ya? trus yg tgl di luar pulau jawa hrs dtg ke kampus di bandung utk mndftr?

    • puskomstba says:

      santy : Pendaftaran online nanti mudah2an selesai April atau Mei …. Silahkan nanti mendaftar online. Nanti kirim pesan lagi saja untuk konfirmasi atau bisa SMS ke 0878 2212 7474

  46. Karin says:

    Maaf, bisa ga masuk di semester 2? (Tapi bukan mahasiswa pindahan)

  47. Anggi Siska says:

    Mau tanya
    Pendaftaran 2017 sudah dibuka?

    • puskomstba says:

      Anggi Siska : Nanti Akhir bulan Februari 2017. Nanti akhir bulan ini silahkan kirim pesan lagi untuk konfirmasi.

  48. Adam says:

    permisi mau tanya kalau formulir pendaftaran 2017 udh ada atau belum ?
    Terus kalau pindah dari univ lain bisa lanjutin semester nya nga atau harus ngulang ?
    Nerus awal perkuliahan nya kapan ?

    • puskomstba says:

      Adam : Sekarang sudah ada. Untuk pindah dari universitas lain, harus dari bidang studi yang sama, dan dilakukan pada semester ganjil.

  49. Carissa says:

    Untuk lulusan th 2013 apa bisa mendaftar di jalur undangan(raport) atau hanya di jalur tes saja? Trms

  50. Mia says:

    Kak kalau mau masuk tanpa tes.
    Saya mau lewat rata2 rapot itu minimal 8 ka ya?Alhamdulillah saya punya nilai rata2 8 persemesternya. Yang mau ditanyakan, gini maksudnya itu rata2nya persemesternya atau seluruh semester di jumlah baru rata2 in?
    Nanti langsung daftar ke kampusnya kan beli formulir. Pengumuman di terima engganya kapan? hari itu juga tau bagaimana?

    • puskomstba says:

      Mia : Rata-rata per semester …. Pengumuman diterima atau tidaknya nanti seminggu setelah tes, melalui SMS.

  51. Zenny says:

    Mau tanya bagaimana alur pendaftaran Tanpa Tes bagaimana?
    Misal sudah punya nilai rata2 8. Lalu bagaimana?

    • puskomstba says:

      Zenny : Ya tinggal datang saja ke kampus STBA bagian pendaftaran. Beli formulir dan isi. Lalu lengkapi semua syarat2nya dan diserahkan kembali. Nanti petugas pendaftaran akan memberitahu segala sesuatunya.

  52. Zenny says:

    Kalau masuk melalui Tanpa tes. Ada tes lisannya ?
    Sama may Tanya, mata kuliah jurusan bahasa inggris apa aja?

    • puskomstba says:

      Zenny : Tes lisannya berbentuk wawancara. Yang ditanyakan adalah sejauh mana apresiasi dan pengetahuan anda terhadap bahasa dari jurusan yang dipilih. Mata kuliah jurusan Bahasa Inggris ya sangat banyak. Nanti anda bisa tahu itu semua dari buku panduan STBA yang akan diperoleh ketika membeli formulir.

  53. muhammad fadli says:

    mau tanya. seandainya. saya dari sastra jerman di sebuah univ. tapi saya ingin pundah ke STBA apa saya harus mengulang dari awal lagi atau bisa kompernilai?

    • puskomstba says:

      muhammad fadli : Nilainya nanti bisa di transfer untuk matakuliah yang setara. Utk transfer nilai ada biayanya. Untuk lebih detilnya silahkan email ke info at stba.ac.id

  54. jeri says:

    tanggal daftar tahun 2017 kpn buka ni

  55. Adel says:

    untuk surat keterangan bebas narkoba apa bisa menggunakan surat berkelakuan baik dari sekolah?

Leave a Reply