Pendaftaran Mahasiswa Baru 2017 Sudah Dibuka

Setelah mengalami pengunduran beberapa kali, akhirnya hari Kamis ini, tanggal 2 Maret 2017, pendaftaran mahasiswa baru 2017 dibuka. Sudah cukup banyak yang mengirimkan SMS dan WA ke Admin menanyakan tentang hal ini. Ok, silahkan sekarang datang ke kampus STBA untuk membeli formulir.

brosur gabung

Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan mengirimkan SMS ke nomor kontak admin (bisa lihat di sini). Bila ada yang menginginkan brosur di atas dalam resolusi yang lebih tinggi, bisa download di sini.

482 Replies to “Pendaftaran Mahasiswa Baru 2017 Sudah Dibuka”

  1. Min punten, kalo biaya pendaftaran dan seleksi dibayarkan sewaktu pengambilan formulir ke kampus atau nanti ketika akan seleksi?

    1. Vanessya : Beasiswa baru akan ditawarkan nanti di semester III. Untuk mahasiswa baru, semua harus membayar biaya2 seperti yang telah ditetapkan.

    1. Hanalia : Sama saja dengan yang biasa. Silahkan lihat syarat2nya pada brosur yang ada di website STBA (di download di sebelah kanan website)

    1. Fadli : Harga formulir, buku panduan, proses administrasi, ujian saringan masuk, dan wawancara adalah 500 ribu.

    1. Yuni Sri Nuraeni : Iya dengan tes. Kalau nilai bahasa asingnya sama atau lebih dari 8 dr semester 1 – akhir, bisa diterima tanpa tes. Kalau nilai bahasa asingnya di ijasah atau SKHUN 8 atau lebih juga bisa diterima tanpa tes.

        1. sitirochmah : bisa saja. Tahun lulus tidak berpengaruh. Bisa nilai di ijasah atau SKHUN. Kalau nilai raport, nilai bahasa asing dari semester I – akhir. Bisa salah satu dari itu.

      1. Nurul Fitrianti : Masuk apa ? Kuliah ? ya tergantung jadwal kuliahnya. Tapi ada di rentang waktu antara 07.00 – 16.20.

  2. saya sudah diterima, katanya info delanjutnya melalui telepon, tapi belum ada sampai sekarang, gimana ini?

  3. Min mau nanya kalo mau daftar lewat jalur pmdk bawa rapot aja atau sama kya surat keterangan narkoba yg gtu ??
    Kalo skhun sma dan ijazah sma blm ada

    1. fauziyah : Bawa raportnya dulu, fotokopi yang dilegalisir, tunjukkan ke petugas pendaftaran apakah bisa diterima tanpa tes. Lalu anda beli formulir. Lengkapi semua syarat2nya. Kalau ada syarat yang belum ada, bisa disusulkan kemudian.

  4. min, kalo mau tunjukin rapot kan dari semester 1-6 tapi semester 6 kan belum ada rapotnya. skhun atau ijazah juga belum keluar, jadi gimana?

    1. sitiwinarti : ya tidak. daftar ya daftar saja dulu. Bayar biaya kuliah itu nanti kalau sudah dinyatakan diterima.

    1. Vassa : bisa tanpa tes kalau nilai bahasa asingnya minimal 8 atau lebih dari semester I – akhir. Atau nilai bahasa asingnya 8 atau lebih di SKHUN atau Ijasah.

  5. min apakah ada biaya rincian stba thn 2017 ini? kalo ada saya ingin tau kejelasannya. soalnya saya searching gaada. trmksh

    1. theresia : yang dilihat adalah nilai bahasa asingnya. Kalau 8 atau lebih bisa diterima tanpa tes.

  6. Min, kalau d sekolah hny bljr bahasa inggris dan arab, trus pilih jurusannya bahasa jepang bisa nggk ? Lewat jalur rapot atau ijazah/skhun

  7. Min mau tanya :
    Kalau ga ada backgroung b.jepang tapi mau ambil jurusan b.jepang apa bisa masuk lewat jalur rapot atau skhun ?
    Terimakasih

    1. andri : bisa saja. asal nilai raportnya memenuhi syarat. Nanti akan diajarkan dari awal. Untuk yang belum bisa sama sekali, nanti jangan sampai bolos kuliah kalau keterima.

  8. Min kalau saya dari madrasah aliyah terus saya mau daftar bahasa jepang lewat jalur rapot bisa? Nilai bahasa asing cuma ada bahasa inggris dan arab yang lebih dari 8

  9. min saya mau masuk stba tp bukan jalur tes, tapi lewat nilai raport. tapi nilai pengetahuan bhs asing saya ada yang nilainya 7, sdngkan nilai keterampilan diatas 8. itu masih bisa daftar lewat nilai raport?

    1. jihan : Silahkan saja raportnya difotokopi dan dilegalisir, lalu bawa ke bagian pendaftaran di STBA. Tunjukkan ke petugas pendaftarannya. Biar nanti petugas pendaftaran yang memutuskan.

    1. sotya hartanti : untuk sekarang baru offline. Harus datang ke kampus STBA bagian pendaftaran. Online sistemnya baru jadi sekitar Juni / Juli.

    1. Febrian : Biaya formulir, buku panduan, tes masuk, dan wawancara 500ribu, OSMA 500 ribu, SPP 10 juta untuk kelas reguler atau 10,5 juta untuk kelas sore, lalu biaya sumbangan bangunan minimal 1 juta atau kelipatannya.

  10. Min kalau tanpa tes melalui rapot apakah nilai bahasa asingnya harus 8 semua (dari smt1-akhir) atau jumlah rata2 nilai bahasa asing dari smt1-akhir?

        1. Megna : dicicilnya bukan per semester atau per tahun. Yang jelas biaya itu adalah biaya per tahun, bukan per semester. Utk cicilan, pembayaran pertama cicilannya minimal 5 juta, dan selanjutnya harus dibicarakan dengan pembantu ketua II setelah nanti anda dinyatakan diterima.

  11. Mim mau bertanya untuk, yang bebas tanpa tes itu ‘ bisa tanpa tes kalau nilai bahasa asingnya minimal 8 atau lebih dari semester I – akhir. Atau nilai bahasa asingnya 8 atau lebih di SKHUN atau Ijasah’ itu saja atau harus dengan nilai UN?

    1. putri : syarat sama saja dengan mahasiswa baru. Dari jurusan keuangan ? Tentu tidak bisa. Kalau mau pindah dari PT lain, harus dari yang bidang studinya sama.

  12. min, spp & biaya pmbangunan itu untuk satu smester atau stu tahun? persyaratan yg hrus dibawa selain raport/ijazah/skhun apa lgi?

  13. Admin , saya ingin mengikuti ujian tanggal 20 juli nanti . saya orang Kepri min , jd ke bandung harus pasti . Nah , daftarnya langsung ke STBA nya bawa uang pendaftaran 500rb bulan juli juga gapapa kan ?

  14. Min, mau tanya.
    Untuk pendaftaran tanpa tes boleh bawa fotocopy ijazah yg sudah dilegalisir saja, atau harus membawa rapot yg sudah dilegalisir?

    1. dewi andini : tes apa maksudnya ? tes masuk STBA tergantung gelombang daftarnya. Silahkan lihat di brosur.

  15. Mau nanya, saya kan dari smk, pelajaran bhs. Asingnya bhs. Jepang cuman ada di kelas 11 aja. Tapi nilainya 8. Apakah bisa keterima?? Terimakasiiiiih

    1. Nindy Ayu P : Silahkan saja daftar. Petugas pendaftaran nanti akan menentukan apakah anda bisa diterima tanpa tes atau tidak.

  16. Min, bagi calon pendaftar dari luar kota apa ada jalur pendaftaran online? Atau bisa gak mengirim berkas persyaratan via jasa pengiriman? Dan saya mau ikut jalur raport/skhun. Minta solusinya min, Terimakasih

    1. Reyza : Untuk pendaftaran online sedang digarap. Barangkali nanti sekitar pertengahan Juli. Pendaftaran terakhir nanti 21 Agustus 2017.

    1. Aldi : Maksud anda gimana ? Baik yang diterima tanpa tes atau dengan tes, semua biaya harus dibayarkan seperti yang telah ditetapkan.

    1. amel : Berlaku, tapi pendaftaran online sekarang ini belum dibuka. Sekarang untuk daftar harus datang langsung ke kampus STBA.

  17. Permisi min, kalau nilai Bahasa Inggris 8+ tapi ingin masuk Bahasa Jepang apa bisa masuk tanpa test ?
    Thanks

    1. Ikhsan ZF : Bisa dari nilai raport (dari semester awal sampai akhir). Kalau tidak raport, bisa dari nilai di Ijasah atau SKHUN.

    1. adel : selama bulan puasa ini bisa dari jam 9 hingga jam 3 sore. Sabtu/Minggu tutup. Menjelang Lebaran, tanggal 22 sudah libur dan akan buka lagi tanggal 3 Juli.

    1. faizal : Iya. Semua calon mahasiswa harus mengikuti ujian lisan, baik yang diterima melalui jalur tanpa tes maupun tes.

    1. Nazhira : Beasiswa, ada. Tapi baru nanti ditawarkan di semester III bagi mereka yang memenuhi syarat. Untuk mahasiswa baru, semua harus membayar biaya-biaya sesuai dengan yang telah ditetapkan STBA.

  18. Min , kan salahsatu persyaratannyaa bawa SKHU sama ijazah . Nah sekolah saya baru dapat itu sekitar bulan Agustus . Nah boleh ga daftar bulan juli bawa SKL (surat keterangan lulus) sebagai penggantinya ?

    1. Rizki Afrizal : Iya suratnya bisa diperoleh dari rumah sakit. Kalau anda lulus tahun 2017, bisa gunakan surat keterangan kelakuan baik yang dikeluarkan sekolah. Bisa juga diganti dengan SKCK dari kepolisian.

  19. Min, mau tanya. Mama saya sudah daftar biaya pendaftaran, tanpa keputusan dari saya. Kalo di refund/cancel, uang bisa 100% kembali atau tidak?

    1. Jessica Putri : Dari yang sudah2 ada pemotongan tertentu. Untuk jelasnya silahkan telpon bagian pendaftaran di 022-2035426 pesawat 322. Kamis besok kami hanya setengah hari. Baru buka lagi nanti 3 Juli.

  20. Min , maksudnya fotokopi raport legalisir itu Raport yang udah ada cap sekolah lalu difotokopi kan ? Simple memang tp saya bingung .

  21. Min kapan ya pendaftaran online jalur raport bisanyaa ? itu bakal ngebantu banget untuk yang dipelosok kayak saya min..

  22. Mt pagi, mf mw tanya: ada gk Beasiswa Berprestasi
    jurusan bhs Inggris S1 ?
    Mhn infox, tmks

    Salam,
    Mona dari palu, Sulawesi Tengah

    1. Princess Mona Mardhika : Beasiswa ada. Biasanya akan diberikan untuk mahasiswa yang berprestasi, tapi baru akan ditawarkan pada semester III. Untuk mahasiswa baru, semua harus membayar biaya-biaya seperti yang telah ditetapkan.

  23. Maaf kalau biaya selain 10 juta, uang sumbangan pembangunan dan biaya OSMA, apakah ada pengeluaran yang lain ?

  24. Pendaftaran ada yg melalui nilai rapot? saya liat di brosur, pendaftaran sampai tgl 22 agustus. Tapi ujian saringan masuk gel.3 tgl 10 agustus. jadi klo ada yg daftar tgl 12 agustus gimana ya? klo tes lisan kan di tes pengetahuan dasar bahasa yg dipilih, berarti saya harus tau kanji, katakana, hiragana, dll???

    1. Anna Yuliani P : Mendaftar melalui rapot, bisa. Kalau daftarnya di atas 10 Agustus, nanti diadakan ujian saringan masuk lagi. Pada tes lisan, nanti yang ditanyakan adalah pengetahuan dasar dan apresiasi dari bahasa yang dipilih.

  25. Ka kalau tes lisan, pengetahuan dasar nya tentang budaya nya atau bahasa nya? Dan ka masuk stba susah gak? #traumatidaklulustes

    1. Toni : Bisa tentang budaya, bisa tentang bahasanya. Masuk STBA semoga tidak susah :) Silahkan dicoba saja.

    1. maulana maqdum : Semua yang mendaftar, baik yang melalui jalur tes tulis maupun jalur raport, tetap membayar biaya pendaftaran.

  26. ka, nilai b.inggris wajib saya dari sm.1-akhir diatas 8. tapi, saya punya nilai 78 dipelajaran lintas minat b.inggris sm.1 di semester yang lain nilainnya diatas 8, apa saya masih bisa daftar lewat jalur rapot?

    1. zialfah : Bisa. Silahkan datang ke kampus STBA bagian pendaftaran untuk mendaftar. Biaya pendaftaran 500 ribu.

    1. Terry : Pelaksanaan OSMA nanti 29 – 31 Agustus 2017. Untuk segala sesuatunya silahkan lihat Kalender Akademik yang telah diberikan sewaktu anda mendaftar.

    1. Terry : Daftar OSMA nanti dari tanggal 21 – 25 Agustus 2017. Biaya OSMA 500 ribu. Silahkan kontak lagi nanti sekitar tanggal itu untuk informasi2 terkait.

  27. Min saya kan ngambil kelas sore, nah itu osmanya gimana ya? Soalnya saya kerja dari pagi smpai jm set5 sore.

    1. Terry : Khusus untuk kelas sore, kalau memang tidak bisa ikut OSMA, nanti ada tugas pengganti. Tapi anda tetap harus membayar uang pelaksanaan OSMA.

    1. Syifa ramadhani : Ketika daftar anda sebaiknya bawa syarat-syarat pendaftaran biar segera bisa diproses. Biaya selain 500rb untuk pendaftaran tidak ada lagi.
      Nanti kalau anda sudah diterima, anda bisa membayar SPP, dan menunggu 21 – 25 Agustus 2017 untuk mendaftar OSMA. OSMA biayanya 500rb.

    1. Annisa K : Dibuka setiap hari kerja dari Senin – Selasa pukul 09.00 – 16.00. Pukul 12.00 – 13.00 istirahat siang. Pendaftaran akan ditutup 21 Agustus 2017.

        1. Dudu : tentu buka. Buka dari senin – jum’at dari pukul 09.00 – 16.20. Pukul 12.00 – 13.00 istirahat kantor dulu.

    1. Adinda : Untuk tes tertulis : bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum. Untuk tes lisan : pengetahuan dasar dan apresiasi budaya tentang jurusan bahasa yang dipilih.

    1. Prisca Melenia Sari : Buka. Pendaftaran dibuka dari Senin sampai Jum’at dari pukul 09.00 – 16.20. Pukul 12.00 – 13.00 istirahat kantor dulu.

    1. natasha : OSMA dr tgl 28 – 31 Agustus. Pendaftarannya dari 21 – 25 Agustus. Iya pakai baju SMA. Untuk lebih jelasnya nanti ada penjelasan ketika daftar OSMA.

    1. Toni : Siapa yang bilang sudah ditutup ? Pendaftaran baru ditutup nanti 21 Agustus 2017. Silahkan datang ke kampus STBA untuk mendaftar.

      1. Maksudnya kalau sudah tanggal 21 agustus 2017 pendaftaran kan di tutup. Buka pendaftaran lagi kapan? (Soal nya saya ingin daftarnya di akhir tahun)

        1. Toni : Kalau sudah tutup ya sudah, tunggu tahun depan. Anda tidak bisa daftar akhir tahun karena kuliahnya dimulai September 2017.

    1. Vassya : Formulir pendaftaran masih ada. Pendaftaran online akan diaktifkan mudah2an Senin / Selasa minggu depan.

        1. Vassya : Pendaftaran online nanti dibuka Senin besok. Besok masuk saja ke website STBA dan klik di bagian atas yang tulisannya “Pendaftaran Online”. Baca semua petunjuk di situ. Iya masih harus bayar biaya pendaftaran. Sebenarnya biayanya bukan hanya untuk formulir saja, tapi untuk seluruh proses pendaftaran: formulir, proses, dan ujian tulis/lisan.

  28. untuk lulusan d3, apakah cukup menyerahkan ijazah dan transkrip nilai d3? apa harus menyertakan ijazah dan surat keterangan nilai sma juga?

  29. kak, jika saya test besok kapan diumumkan penerimaannya? apakah menunggu gelombang 2 selesai atau langsung di umumkan?

    1. elrista : pendaftaran online sudah dibuka. Silahkan lihat website STBA dan lihat menu di bagian atas. Baca semua penjelasannya dulu dengan teliti.

  30. Permisi, admin. Saya lulusan 2016, rencananya ingin daftar lewat nilai, semua rata-rata raport sama nilai bahasa asing saya 8+. Tapi, untuk masuk tanpa tes itu lulusan 2016 masih berlaku? Terimakasih!

  31. permisi mau tanya, kalo saya meneruskan dari S1 jurusan Sastra Inggris di Universitas Negeri, ada kemungkinan bisa dilanjutkan dari semester yang sudah saya lampaui atau tidak? semisal, saya keluar di semester 6 apakah saya bisa lanjut dari semester 6?

    1. reynaldi mochamad adzani : Bisa. Syaratnya sama dengan syarat mahasiswa baru ditambah dgn daftar nilai dari sekolah lama yang dilegalisir.

    1. reynaldi mochamad adzani : Ada. Tapi hanya jurusan bahasa Inggris dan Jepang S1 saja. Kuliahnya dari selasa s/d jum’at mulai pukul 17.00 – 21.30.

  32. Mohon petunjuknya..apakah STBA bisa menerima pindahan atau tidak..jika bisa tolong bantuanya apa saja persyaratanya?mohon petunjuknya

    1. Fauzi : Bisa. Syarat2nya sama dgn syarat2 utk mahasiswa baru ditambah dgn daftar nilai dari sekolah lama. Pindahan bisa diterima asalkan bidang studinya sama dgn yang ada di STBA.

    1. Fakhri : nilai rata2 ujian sekolah itu nilai apa? Di STBA menggunakan nilai raport, nilai ijasah, atau nilai SKHUN.

  33. Punten, mau nanya, pendaftaran yang melalui nilai rapot itu batas pendaftarannya sampai tanggal berapa ya?
    Terima Kasih.

  34. min mau tanya kalau mau daftar pake nilai rapot, tapi baru ada semester 1 sampai 5 saja gimana? terus kebetulan saya tidak mendapatkan SKL dari sekolah, tapi langsung diberikan SKHUN sementara gimana? dan kalau uang pendaftarannya hanya membayara sebagian dulu bisa tidak?
    Mohon bantuan informasinya ya min :)

    1. Asri : Pakai SKHUN sementara saja. Uang pendaftaran harus full dibayarkan. Uang pendaftarannya 500 ribu.

  35. Admin mau tanya kalau gelombang 3 penyerahan formulir paling lambat tanggal berapa? Terus ujiannya tanggal berapa? Makasih.

  36. karena sudah bekerja dan sulitnya izin untuk membuat skbn, apakah skbn dapat diserahkan menyusul setelah tes? lalu, awal perkuliahan tepatnya dari tanggal berapa? terimakasih.

    1. lucky : bisa diserahkan nanti saja kalau ada syarat yang belum lengkap. Perkuliahan akan dimulai tanggal 4 September 2017.

  37. apakah masih bisa mendaftar di hari tes tgl. 10 agustus lalu mengikuti tes hari itu juga? jam berapa waktu pelaksanaan tesnya? terimakasih.

    1. lucky : Biasanya tesnya jam 09.00. Silahkan. Anda harus datang jam 08.00. Tapi sebaiknya tidak mendadak seperti itu.

    1. Dika : Biasanya dibuka bulan Maret. Silahkan nanti kontak lagi di bulan maret. Lebih baik via SMS atau email.

  38. Min, di pendaftaran online tahap 2, ada ijazah kan ya. Sementara ijazah belum keluar. Jadi harus nunggu ijazah atau pakai ijazah sementara?

  39. karena lokasi kerja yang jauh dan waktu ke bandung yg terbatas, saya berencana untuk mendaftar tgl 10 pagi. maaf, memang mendadak kondisinya. tapi kalau memungkinkan, saya berencana demikian.

  40. Min saya mau tanya.
    Saya kan sudah diterima di STBA di fakultas Bahasa Inggris. Tapi saya kurang sreg dan mau pindah fakultas ke bahasa kerman. Bisa tidal?
    Mohon dijawab yaa

    1. Rizky : Bisa. Untuk keperluan itu, segera anda datang kembali ke STBA bagian pendaftaran, sebelum daftar hadir/kelasnya dibuat. Hubungi Ibu Ida Farida di bagian pendaftaran.

  41. Min mau tanya, di file form sumbangan pendaftaran online itu kan ada pernyataan kesediaannya, ada a) Rp 1.000.000,- b) Sesuai kesediaan. Nah yang sesuai kesediaan ini kalau diisi Rp 1.000.000,- berarti bayarnya tetep sejuta atau jadi nambah sama poin a jadi jumlahnya 2 juta?

    1. saya : kalau anda mau menyumbang 1 juta saja, ya isi yang a) saja. Bagian b) nya dikosongkan. kalau anda mau nyumbang lebih dari satu juta, isi yang bagian b), bagian a) nya dikosongkan.

  42. Min kan saya sudah keterima lalu disuruh bayar terkahir tanggal 14 , kalau saya bayar 1/2nya dulu bisa ga ya? Dan harus lunas terkahir kapan ? Terimakasih

    1. Nando : berarti akan mencicil. Bisa saja. Silahkan anda datang ke pembantu ketua 2 setiap hari kerja. Nanti akan diminta untuk membuat komitmen pembayaran dan dibicarakan detilnya mencicil itu bagaimana.

  43. min ga ada info untuk maba ya untuk osma nanti apa yg harus di persiapkan? atau nanti di beritahu saat pendaftaran osma?

  44. Min, misalnya saya mau masuk prodi bahasa jepang, tapi sudah lulus nouryoku shiken n3, apa itu berpengaruh? Misalnya bisa lompat semseter atau tidak? Terimakasih.

    1. Tiara : tidak berpengaruh. Semua mahasiswa harus ikut kuliah sesuai dengan kurikulum dan ketetapan sks yang berlaku.

  45. Min mau tanya. Saya kan daftar online, waktu itu saya sudah selesai daftar, isi rekening yang ibu saya. Terus coba ke bank via teller karena nggak punya atm. Terus saya daftar lagi dari awal dengan isi yang sama juga nomor handhone punya saya yang sama cuma rekening nya diisi punya kakak saya.
    Sudah di transfer, sudah dikirim juga syarat tahap ke-2 dan bukti pembayaran nya.
    Nggak apa apa daftar lagi kan? Belum ada sms datang. Nggak apa kan? Saya takut

  46. [Edit] Min mau tanya. Saya kan daftar online, waktu itu saya sudah selesai daftar, isi rekening yang ibu saya. Terus coba ke bank via teller karena nggak punya atm, tapi nggak bisa. Terus saya daftar lagi dari awal pake rekening kakak saya via atm, terus saya isi nomor handhone punya saya yang sama kayak pendaftaran pertama saya.
    Sudah di transfer, sudah dikirim juga syarat tahap ke-2 dan bukti pembayaran nya.
    Nggak apa apa daftar lagi kan? Belum ada sms datang. Nggak apa kan? Saya takut

    1. Siti : Kalau tidak ikut tes tanggal 10, bisa ikut tanggal 21. Tapi lebih baik anda konfirmasi dulu soal ini ke bagian pendaftaran. Silahkan telpon ke 022-2035426 pesawat 322 dengan Ibu Ida Farida.

  47. admin maaf mau tanya untuk pendaftaran jalur online sudah bisa digunakan? kalau hasil scan rapot tidak harus di legalisirkan?

    1. Disa : Belum. Silahkan datang ke kampus STBA bagian pendaftaran untuk mendaftar. Kalau mau lewat online juga bisa. Silahkan anda temukan link-nya di bagian depan website STBA ini.

      1. Dadan kurnia : Biaya OSMA ? 500 ribu rupiah. Dibayarkannya nanti ketika masa pendaftaran OSMA antara tanggal 21 hingga 25 Agustus 2017.

  48. Halo min, saya sudah daftar di stba tahun kemarin. Sudah bayar 5jt dan ospek. Namun saya tidak masuk perkuliahan/cuti karena halangan. Kalau saya daftar lagi, apakah saya bisa meneruskan di stba tanpa bayar karena sudah bayar taun kemarin, atau harus bayar lagi seperti semula?

    1. Vhie : Sebaiknya anda datang langsung ke STBA ke bagian pendaftaran. Atau bisa telpon ke 022-2035426 pesawat 322 dengan Ibu Ida Farida. Ceritakan masalah anda dan tanyakan selanjutnya sebaiknya anda harus bagaimana.

  49. Selamat siang,,
    Saya mau tanya kalo pendaftaran ditutup smpe tgl brp? untuk daftar online apakah masih bisa?

  50. Min mau tanya. Kalau biaya administrasi dibayar besok masih bisa tidak?
    Soalnya hari ini keluarga saya masih ditasik, jadi tidak ada yang bisa ke stba

    1. Adam : Paling lambat 25 Agustus. Kalau terlambat, nama anda tidak akan tercantum di daftar hadir karena sudah keburu dicetak nanti.

  51. Min mau tanya ,kalo bayar administrasi lewat internet banking bisa tidak? Terus nanti buktinya kirim lewat email? Terima kasih:)

      1. Saya telah di terima ,apabila pembayarannya setengah dulu apakah itu bisa? Dan di transfer melalui internet banking? Terima kasih